Resep Membuat Menu Tradisional Botok Pare

Masyarakat Indonesia mengenal sebuah masakan tradisional yaitu botok, dimana hidangan seperti ini terbuat dari kelapa parut yang diberi bumbu rempah dan dalam penyajiannya dibungkus oleh daun pisang. Masakan seperti ini sendiri sebenarnya juga cukup bervariasi macamnya, karena dalam membuatnya diberi bahan tambahan lain agar rasanya lebih mantab.

Jika pada artikel sebelumnya blog ini pernah membahas tentang cara membuat botok teri dan juga udang, maka untuk kali ini juga masih seputar masakan sejenis namun yang terbuat dari pare atau peria, yang mungkin ada sebagian dari anda yang masih merasa asing atau belum pernah mencicipinya, mengingat untuk menu yang satu ini memang cukup jarang dibuat.

Botok pare memiliki rasa yang sangat khas, dimana seperti kita ketahui semua jika buah tersebut memiliki rasa yang cenderung pahit, namun dipadukan dengan bumbu-bumbu rempah sehingga menjadi nikmat untuk disantab. Terlebih lagi jika anda sendiri adalah penggila dari macam-macam hidangan yang terbuat dari buah peria tersebut tentu saja jangan sampai terlewatkan untuk yang satu ini.

Akhir kata berkaitan dengan hal tersebut diatas, bagi anda semua yang tertarik ingin mencoba membuatnya, tidak lupa berikut adalah salah satu resepnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan
1 buah kelapa setengah tua kemudian diparut
2 buah pare diiris tipis-tipis kemudian cuci bersih
1 gelas air kelapa
1 butir telur
Daun pisang untuk pembungkus

Bumbu
4 siung bawang merah
3 siuang bawang putih
1 sendok makan garam
5 cabe merah keriting
5 cabe hijau
1 potong tempe semangit dipotong kecil-kecil
50 gram gula merah diirs halus

Cara Memasak
  • Haluskan beberapa bahan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, garam, cabe merah keriting, dan cabe hijaunya
  • Campurkan bumbu halus diatas bersama dengan kelapa parut, gula merah, tempe semangit, pare, telur dan tuangkan air kelapanya kemudian aduk semuanya hingga tercampur
  • Siapkan pembungkus daun pisang, ambil adonan sesuai selera dan masukan kedalamnya kemudian sematlah dengan lidi hingga rapat
  • Jika sudah semuanya tinggal dikukus kira-kira 20 menit hingga matang

0 comments:

Post a Comment