Resep Membuat Botok Udang Enak

Botok(bothok) adalah sebuah masakan untuk hidangan ketika makan yang dalam penyajiannya dibungkus oleh daun pisang. Berdasarkan dari sumber yang saya dapat konon kabarnya jika masakan seperti ini pada mulanya dibuat untuk memanfaatkan ampas kelapa yang sudah diambil sari santannya agar bisa dikonsumsi, namun untuk masyarakat jaman sekarang botok dibuat dari kelapa parut yang masih segar atau fresh dan belum diambil sari santannya.

Botok sendiri juga beragam jenisnya yang dibedakan atas bahan yang digunakan untuk campurannya sehingga menghasilkan cita rasa yang berbeda. Jika sebelumnya blog ini pernah membahas botok teri, maka untuk kali yang juga tidak kalah lezatnya yaitu botok yang dicampur dengan udang sehingga disebut sebagai botok udang.

Bagi anda semua para penggemar masakan botok tentu anda juga pernah menyantab botok udang seperti ini, namun jika belum tentu jangan sampai anda lewatkan karena sebenarnya botok udang juga cukup mudah untuk bisa ditemukan dipasr-pasar tradisional dengan harga yang terjangkau.

Akan tetapi apabila anda ingin lebih berhemat dan memiliki kepuasan tersendiri tentu lebih baik jika membuatnya sendiri dirumah untuk hidangan keluarga tercinta. Oleh karena itu jika tertarik berikut adalah salah satu resep yang bisa anda coba sendiri dirumah.

Bahan-Bahan
1/2 butir kelapa muda, kemudian diparut
150 gram udang rawa/rebon, bersihkan kepalanya
1 gelas air
100 gram tomat muda/hijau, iris halus
1 butir telur
1 lonjor petai, ambil petainya dan iris kecil-kecil
Daun salam secukupnya, tiap daun iris menjadi 4 bagian

Bumbu
4 bawang merah
4 bawang putih
5 cabe hijau
5 cabe merah
1 potong tempe busuk
1 sendok makan garam atau sesuai selera
50 gram gula merah
Vitsin secukupnya(optional bila suka)

Pembungkus
Daun pisang dan potongan lidi

Cara Membuat

  • Tumbuk halus bawang merah, bawang putih, cabe merah dan garam
  • Iris halus cabe hijau, tempe busuk potong kecil-kecil, gula merah disisir
  • Campurkan semua bumbu dengan 1 gelas air hingga tercampur
  • Masukan udang, petai, tomat dan kelapa muda, aduk hingga merata
  • Siapkan daun pisang, ambil satu sendok adonan kemudian letakan pada daun pisang tersebut, beri 1 potongan kecil daun lengkuas dan bungkus
  • Jika sudah semuanya tinggal dikukus kira-kira 20 menit hingga matang

0 comments:

Post a Comment