Resep Membuat Puding Labu Kuning Sederhana

Pada umumnya jika labu kuning atau orang Jawa banyak yang menyebutnya sebagai waluh lebih sering diolah menjadi sebuah minuman tradisional yaitu kolak. Namun tentu saja kita semua akan mudah merasa bosan jika buah ini hanya dijadikan sebagai kolak terus, sehingga ada baiknya jika kita mencoba untuk membuatnya menjadi menu lainnya.

Salah satunya yang bisa anda coba adalah dengan mengolahnya menjadi puding yang bisa kita jadikan sebagai camilan keluarga anda dirumah, atau mungkin juga bisa untuk hidangan tamu ketika ada acara tertentu. Puding labu kuning memiliki rasa enak dimana pada umumnya untuk bahan pemanisnya bisa menggunakan gula merah sehingga akan memiliki rasa yang sangat khas.

Menariknya lagi jika dilihat dari warnanya juga sangat menarik yaitu orange alami karena sesuai dengan warna buahnya, sehingga dalam membuatnya juga tidak memerlukan bahan pewarna buatan. Akhir kata jika anda sedang memiliki persediaan buah ini, terlebih lagi ketika musimnya memang harganya relatif murah, tidak ada salahnya jika mencoba untuk membuatnya dirumah dan berikut adalah salah satu resepnya yang sederhana.

Resep
1/4 kg waluh
1 bungkus agar-agar putih
350 ml santan
300 ml air
100 gram gula merah
75 gram gula pasir
Sedikit garam

 
Cara Membuat
  • Kupas buahnya, potong-potong, bersihkan dan kukuslah hingga empuk kemudian haluskan dengan blender
  • Rebus air bersama dengan gula merah dan gula pasirnya hingga larut, kemudian disaring
  • Masukan labu kuning yang telah dihaluskan, agar-agar, santan dan garamnya, kemudian rebuslah hingga mendidih dan masak
  • Siapkan cetakan yang telah dibasahi air, kemudian tuangkan adonan kedalamnya, tunggu hingga dingin

0 comments:

Post a Comment