Resep Memasak Bandeng Bumbu Rujak

Bumbu rujak adalah sebuah masakan yang memiliki cita rasa pedas yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia dan merupakan masakan tradisional legendaris. Berkaitan dengan hal tersebut jika sebelumnya kami membahas menu sarapan tersebut yang terbuat dari tahu dan juga tempe, maka untuk kesempatan kali ini adalah yang terbuat dari ikan air payau yaitu bandeng.

Seperti kita ketahui jika tektur ikan ini sangat lembut dan juga memiliki daging yang tebal sehingga akan terasa sangat lezat apabila dimasak atau diolah menjadi masakan apa saja termasuk masakan pedas yang satu ini.

Bandeng bumbu rujak cocok untuk kita santab bersama dengan nasi, selain itu juga mantab apabila dijadikan sarapan bersama dengan beberapa jenis masakan sayur sesuai selera anda. Oleh karena itu apabila anda sedang ingin membuatnya untuk hidangan keluarga anda tercinta, berikut adalah salah satu resep yang bisa anda coba.

Resep
2 buah bandeng, potong masing-masing menjadi 3 bagian kemudian digoreng
1 gelas santan kental
1 gelas air

Bumbu

1 sendok kecil ketumbar
1 sendok kecil merica
3 bawang merah
3 siung bawang putih
5 butir kemiri
10 cabe merah keriting
1 ruas jari kunyit dibakar kemudian dikupas
1 sendok makan garam atau sesuai selera
1 lembar daun salam
1 batang serai
2 lembar daun jeruk purut
1 potong lengkuas
1/2 butir tomat
65 gram gula merah

Cara Memasak
  • Haluskan beberapa bahan bumbu seperti ketumbar, merica, bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe merah keriting, kunyit, dan garamnya, sedangkan untuk tomat tumbuk kasar
  • Tumislah bumbu yang telah dihaluskan diatas dengan sedikit minyak hingga masak kemudian masukan tomat
  • Tuangkan air, masukan daun salam, lengkuas, serai, daun jeruk purut dan gula merahnya. Jika sudah tunggu hingga mendidih
  • Masukan bandeng yang telah digoreng dan tunggu hingga airnya berkurang
  • Tuangkan santannya dan tunggu kira-kira 5 menit agar matang

0 comments:

Post a Comment