Resep Membuat Botok Teri Petai Cina

Di Indonesia terutama masyarakat Jawa mengenal sebuah masakan untuk lauk, dimana masakan tersebut pada umumnya dibungkus oleh daun pisang yang berisi beraneka macam bahan dan dimasak dengan cara dikukus. Masakan apakah itu?, dan jawabannya adalah sesuai dengan judul diatas yaitu apa yang dinamakan dengan Botok(Bothok), yang mungkin sebagian dari anda pernah mencicipi kenikmatannya.

Masakan seperti ini adalah salah satu jenis masakan Indonesia yang cukup populer ditengah masyarakat Jawa, selain itu mungkin juga ada diluar daerah Jawa, dan cukup beragam macamnya yang dibedakan atas bahan yang digunakan untuk membuatnya seperti teri, udang, dan lain-lain, yang semuanya memiliki cita-rasa tersendiri. Untuk artikel ini kami akan membahas botok teri terlebih dahulu, karena untuk yang satu ini adalah yang paling umum, atau paling banyak dibuat oleh masyarakat.

Sesui dengan namanya tentu saja jika masakan yang satu ini terbuat dari ikan teri kecil-kecil, namun selain itu untuk bisa menambah kesegarannya terkadang juga ditambahkan petai cina dalam membuatnya. Botok teri terkadang juga sering dijual oleh para pedagang dipasar-pasar tradisional di Jawa, rasanya yang sangat gurih, teksturnya yang sangat lembut membuat masakan atau lauk seperti ini sangat disukai oleh masyarakat baik orang dewasa maupun anak-anak.

Masakan nusantara ini akan terasa cukup lezat walaupun hanya dihidangkan dengan nasi putih saja, terlebih lagi jika kita menyajikannya dengan cara tradisional yang alami, dimana nasi tidak dituangkan dalam piring akan tetapi langsung dituangkan dalam pembungkus daun pisang pada masakan tersebut kemudian disantab.

Resep Membuat Botok Teri
1/2 butir kelapa setengah muda, diparut kemudian tumbuk halus
100 gram teri putih, goreng setengah matang
100 gram tomat hijau, iris tipis-tipis
75 gram petai Cina atau Lamtoro
1 gelas air kelapa
2 telur ayam, dikocok
Daun pisang dan lidi untuk membungkus

Bumbu Halus
5 bawang merah
4 bawang putih
10 cabe merah/hijau besar
5 cabe rawit
50 gram gula merah, disisir
Tempe busuk secukupnya
Garam secukupnya
Vitsin secukupnya(optional bila suka)

Cara Membuat
  • Haluskan semua bahan bumbu halus yang tertera diatas
  • Jika sudah campurkan dengan kelapa parut yang sudah di tumbuk dan aduk hingga merata
  • Masukan ikan teri, tomat, dan petai Cina kemudian aduk kembali
  • Tuangkan air kelapa, kemudian aduk
  • Masukan telur ayam kocok, kemudian aduk kembali hingga semuanya merata
  • Ambil 2-3 sendok makan adonan, kemudian bungkus kedalam daun pisang, semat dengan lidi
  • Jika sudah semuanya kukuslah kira-kira setengah jam hingga matang.

0 comments:

Post a Comment