Resep Kuliner Belanda Kue Poffertjes

Beberapa bulan yang lalu blog ini pernah membahas sebuah kue khas negeri kincir angin yaitu Oliebollen, dimana camilan seperti ini berupa roti goreng yang dalam menyajikannya ditaburi dengan gula halus. Maka untuk artikel kali ini juga masih seputar kuliner dari Belanda yang sering disebut sebagai Poffertjes yang tentu saja tidak kalah nikmatnya.

Kue ini dalam menyajikannya juga diberi taburan gula halus namun untuk cara memasaknya dengan cara dipanggang dengan cetakan khusus, yang bentuknya bundar-bundar berlubang mirip cetakan apem. Selain itu menariknya lagi berdasarkan dari sumber yang kami dapat disitus Wikipedia, jika kuliner ini konon kabarnya masih ada kaitannya dengan kue cubit yang ada di tanah air karena seperti kita ketahui jika Indonesia pernah menjadi daerah koloni dari Belanda.

Sumber lain juga menyebutkan jika ejaan nama dari kuliner ini sendiri merupakan ejaan bahasa Belanda dimana Poffer jika diartikan adalah pancake, sedangkan Tje memiliki arti kecil. Sehingga mungkin kue ini bisa dibilang sebagai pancake yang dibuat dengan ukuran yang lebih kecil.

Akhir kata bagi anda yang penasaran dengannya, tentu akan lebih baik jika membuatnya sendiri dirumah karena sebenarnya juga cukup mudah dan berikut adalah salah satu resepnya.  
Bahan yang dibutuhkan
125 gram tepung terigu
25 gram mentega kemudian dicairkan
1/2 sendok makan ragi instan
1 sendok makan gula pasir
1/2 butir telur ayam
200 ml susu cair
Sedikit garam
Gula halus secukupnya untuk taburan
Meises atau keju parut untuk isi(optional bila suka)

Cara Membuat
  • Siapkan wadah kemudian masukan tepung terigu, telur, gula pasir, dan ragi instannya
  • Jika sudah tuangkan susu cairnya sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga kalis
  • Masukan mentega dan juga garam kemudian aduk kembali dan diamkan adonan kira-kira 20-30 menit
  • Siapkan cetakan kemudian panaskan dengan api kecil dan oleslah dengan sedikit mentega
  • Tuang adonan kedalam cetakan dan tiap lubang berilah adonan setengah bagian saja
  • Jika sudah setengah matang berilah meises atau keju parut, kemudian ambil satu bagian dan tumpukan ke kue lainnya sehingga berbentuk bulat. Bolak baliklah hingga matang merata
  • Sajikan dengan ditabur gula halus

0 comments:

Post a Comment