Resep Kue Berliner Isi Selai Khas Jerman

Setelah artikel sebelumnya kami membahas sebuah kue yang merupakan kuliner khas Belanda yaitu Poffertjes, maka untuk kali ini juga masih seputar kuliner dari benua Eropa yang lain yaitu apa yang dinamakan dengan Berliner Pfannkuchen, atau yang lebih populer disebut sebagai Berliner saja.

Kuliner yang satu ini berdasarkan dari info yang kami dapat berasal dari Jerman, dimana ada kemiripan dengan donat karena dalam menyajikannya ditabur dengan gula halus, namun bentuknya bulat dan bagian dalamnya ada yang diberi isi berupa selai atau lainnya sesuai dengan selera.

Saya yakin masih banyak diantara anda yang masih merasa asing dengan kuliner khas Jerman seperti ini, karena memang kue Berliner sendiri masih kurang populer di Indonesia, walaupun mungkin juga ada sebagian kecil dari anda yang pernah mencicipinya. Oleh karena itu jika anda memang penasaran, anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri dan berikut adalah salah satu resepnya.
Bahan yang dibutuhkan
150 gram terigu protein tinggi
100 gram terigu protein sedang
125 ml susu cair
1 butir kuning telur
30 gram gula pasir
1/2 bungkus ragi instant
1/2 sendok makan margarine
Sedikit garam
Selai nanas atau stroberi untuk isi
Gula halus dan sedikit kayu manis bubuk untuk taburan

Cara Membuat
  • Campurkan bahan-bahan seperti terigu, gula pasir, garam, margarine, kuning telur, dan ragi instannya, kemudian tuangkan sedikit demi sedikit susu cair sambil diuleni hingga kalis
  • Jika sudah tutup dengan kain atau lap bersih dan diamkan kira-kira setengahnya agar mengembang
  • Bentuklah dengan 2 sendok bulat dan berilah isi selai sesuai selera
  • Gorenglah hingga matang kuning kecokelatan, kemudian angkat dan dinginkan
  • Taburi dengan gula halus dan sedikit kayu manis bubuk

0 comments:

Post a Comment