Resep Kue Oliebollen(Roti Goreng Khas Belanda)

Ada sebuah kue khas Belanda yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia yang cocok untuk camilan keluarga anda dirumah. Kue ini memiliki nama Oliebol atau Oliebollen dan di Belgia disebut sebagai smoutebollen yaitu sebuah kue atau roti yang dimasak dengan cara digoreng, dan pada umumnya dalam menyajikannya ditabur dengan gula halus seperti halnya donat.

Kue Oliebollen memiliki bentuk lonjong atau juga bisa bulat yang berwarna kecokelatan, yang dibuat dari adonan tepung terigu dan juga diberi bahan lain seperti kismis, bahkan berdasar dari sumber yang kami dapat disitus wikipedia juga diberi potongan buah apel.

Sumber tersebut juga menyebutkan jika kuliner khas negeri kincir angin ini banyak tercantum dalam buku-buku resep terbitan lama di Indonesia, sehingga sebenarnya kue ini sudah ada di negeri kita sejak jaman dahulu atau mungkin sejak jaman kolonial.

Untuk sekarang masyarakat kita bisa dibilang jarang ada yang membuatnya, oleh karena itu jika ada diantara anda yang penasaran dengan rasanya, berikut adalah salah satu resepnya.

Resep
1/4 kg tepung terigu
1 bungkus ragi instan/11 gram
200 ml susu cair
1 telur ayam, kocok lepas
2 sendok gula pasir
Sedikit garam
Kismis hitam
Apel, dikupas dan potong dadu kecil-kecil(optional bila suka)
Gula halus secukupnya untuk taburan

Cara Membuat
  • Campurkan bahan-bahan seperti tepung terigu, ragi instan, garam, kocokan  telur dan gula pasir
  • Masukan kismis dan apel yang telah dipotong-potong, kemudian tuangkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis
  • Tutup adonan dengan kain bersih dan diamkan kira-kira 1 jam agar adonan mengembang
  • Jika sudah tekan agar adonan mengempis, kemudin bentuklah bulat-bulat atau lonjong
  • Gorenglah dengan api sedang hingga matang
  • Angkat dan tiriskan kemudian tunggu agak dingin dan taburlah dengan gula halus

0 comments:

Post a Comment