Resep Untuk Membuat Kue Cubit

Jika membahas jenis-jenis kue jajanan tradisional di indonesia memang serasa tidak ada habisnya, karena negeri kita nan elok dan indah yang kaya akan keragaman budaya ini tentu saja juga memiliki keragaman kue tradisional. Jika sebelumnya kami membahas kue Bangket yang merupakan kue tradisional yang terbuat dari tepung sagu, maka untuk artikel kali ini juga masih seputar jajanan pasar yang disebut-sebut sebagai kue Cubit.

Kue semacam ini populer di Jakarta, namun selain itu menurut kami kue ini juga sudah cukup tersebar dibeberapa daerah diluar Ibukota. Jika dilihat dari bentuknya memang terlihat imut yang membuat anak-anak suka kepadanya, selain itu rasanya yang manis dan empuk ketika digigit juga membuat kue ini disukai oleh semua orang. Selain itu kue ini pada umumnya dibeberapa daerah biasa diberi taburan seperti meises agar lebih indah dan nikmat, namun selain itu juga tidak menutup kemungkinan dibei bahan taburan lain seperti parutan keju maupun kismis.

Berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan di Wikipedia, jika kue Cubit di Jakarta sering dijajakan oleh para pedagang kaki lima didepan sekolah-sekolah, namun disekitar tempat kami tinggal kue seperti ini lebih sering ada dipasar tradisional maupun toko kue. Kebanyakan kue cubit adalah berbentuk bundar kecil, namun selain itu sebenarnya juga cukup banyak macam-macam cetakan kue cubit dengan bentuk yang bervariasi dan sangat lucu-lucu. Selain itu konon kabarnya nama dari kue Cubit sendiri yang terbilang sangat unik, didapatkan karena ketika kue ini diambil dari cetakan menggunakan seperti alat penjepit sehingga seperti dicubit untuk mengambilnya.  

Sebagian dari anda mungkin sudah sering menyantab kue cubit sebagai camilan dirumah, namun mungkin saja ada diantara kita yang belum pernah mencicipinya karena mungkin dibeberapa daerah agak jarang ada yang menjajakan kue seperti ini. Oleh karena itu bagi anda yang kesulitan untuk mendaptkan kue cubit dan penasaran ingin mencicipinya yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri. Jika anda tertarik berikut adalah salah satu resepnya.
Resep Kue Cubit
150 gram tepung terigu
250 ml susu cair
75 gram gula pasir
2 butir telur
1 sendok kecil baking powder
2 sendok makan margarin, lelehkan
1/4 sendok kecil vanili

Bahan taburan
Meises, keju, kismis sesuai selera

Cara membuat
1. Campurkan beberapa bahan seperti tepung, vanili, gula maupun baking powder kemudian aduklah hingga merata
2. Susu cair dan telur campurkan kemudian aduk rata, dan tuangkan pada adonan tepung diatas sedikit demi sedikit sambil diaduk
3. Jika sudah tuangkan margarin cair kedalamnya dan aduk kembali, kemudian diamkan kir-kira setengah jm
4. Siapkan cetakan kue cubit kemudian olesi sedikit margarin
5. Tuangkan adonan kedalam cetakan namun jangan terlalu penuh
6. Jika sudah setengah matang taburi atasnya dengan bahan taburan sesuai selera.
7. Tunggu hingga matang

0 comments:

Post a Comment