Resep Membuat Klenyem Tapai isi Cokelat

Masyarakat Jawa mengenal sebuah kue tradisional yang terbuat dari singkong yaitu klenyem, dimana kue ini dimasak dengan cara digoreng dan didalamnya diisi oleh bahan pemanis yaitu berupa gula merah. Namun dalam membuat kue tradisional seperti ini juga masih bisa divariasi lagi sehingga memiliki cita rasa yang berbeda dan salah satunya adalah klenyem tapai isi cokelat, yang mungkin bagi anda semua masih asing dengannya.

Kue seperti ini sebenarnya hampir mirip dengan klenyem seperti pada umumnya namun perbedaannya yaitu dalam membuatnya dicampurkan bahan tapai agar lebih manis dan isinya berupa cokelat meises. Sehingga kue seperti ini memiliki sentuhan sedikit modern, sehingga rasanya bisa anda bayangkan sendiri pada bagian kulit ada aroma tapai dan isinya berisi cokelat.

Secara tampilan fisik kue seperti ini juga tidak berbeda jauh dengan biasanya  yaitu dibentuk bulat-bulat atau lonjong berwarna kecokelatan karena juga sama-sama dimasak dengan cara digoreng. Tidak perlu berpanjang lebar lagi bagi anda yang penasaran dengan rasa dari kue yang terbuat dari singkong dan tapai ini, maka yang terbaik adalah membuatnya sendiri. Oleh karena itu berkaitan dengan hal tersebut berikut adalah resep dan cara membuatnya.

Resep
500 gram singkong, diparut halus
100 gram tapai, haluskan
150 gram kelapa parut
200 gram meises cokelat untuk isi
Garam secukupnya
Minyak goreng

Cara Membuat
  • Campurkan singkong parut, tapai, kelapa parut dan garam, kemudian aduk atau uleni hingga semuanya tercampur
  • Ambil sedikit adonan, bulatkan kemudian pipihkan isilah dengan meises kira-kira 1 sendok kecil dan tutup bulatkan kembali(atau juga bisa bentuk lonjong)
  • Jika sudah semuanya tinggal menggoreng hingga matang kekuningan

0 comments:

Post a Comment