Resep Kue Klenyem Singkong Tradisional

Sebelumnya kami telah membahas sebuah kue jajanan pasar tradisional yang terbuat dari singkong yang diparut yang bernama Lemet, dan sekarang masih seputar jajanan pasar lainnya yang sama-sama terbuat dari singkong parut dan namanya adalah kue Klenyem. Kue ini juga termasuk salah satu jenis camilan gorengan yang cukup populer oleh masyarakat Jawa, dan hingga kini walaupun sudah tidak begitu banyak seperti dahulu, namun terkadang juga masih ada di pasar-pasar tradisional.

Kue Klenyem jika dilihat dari namanya memang bisa dibilang cukup unik, dan jika dilihat dari bentuknya pada umumnya berbentuk bulat seperti bola berukuran kecil, namun juga ada yang berbentuk oval atau lonjong.yang pada bagian permukaannya berwarna cokelat tua karena dimasak dengan cara digoreng. Kue ini ketika dimakan memiliki rasa yang manis karena pada umumnya pada bagian tengahnya diberi isi gula Jawa, namun dalam perkembangannya juga ada yang diisi dengan macam-macam selai sehingga menghasilkan rasa yang berbeda.


Kue ini juga merupakan salah satu warisan kuliner yang ada sejak jaman dahulu sehingga harus tetap kita lestarikan agar tidak punah, karena mengingat kue Klenyem memiliki rasa yang enak dan harganya juga sangat murah. Selain itu menariknya lagi karena camilan gorengan ini terbuat dari singkong tentu saja akan membuat kita akan terasa kenyang ketika memakan kue tradisional ini.

Berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan kabarnya kue Klenyem merupakan kue khas tradisional kabupaten Jepara walaupun menurut kami kue ini juga sudah banyak tersebar dibeberapa daerah lain khususnya di Jawa Tengah sejak jaman dahulu. Selain itu kue ini juga memiliki sebutan lain yaitu kue Lempok di daerah Jepara bagian selatan, sedangkan sebutan Klenyem sendiri berasal dari Jepara bagian utara.

Tidak usah berpanjang lebar lagi mungkin ada diantara anda yang belum pernah mencicipi kue Klenyem dan ingin mencoba untuk membuatnya sendiri, dan jika memang demikian berikut adalah resep dan cara membuatnya.    

Resep Camilan Gorengan Kue Klenyem

1/2 Kg singkong
50 gram gula pasir
1/4 biji kelapa setengah tua
125 gram gula merah sebagai isi(jika anda suka bisa diisi dengan bahan lain seperti selai)
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Kupas singkong kemudian bersihkan dan diparut hingga halus, demikian juga dengan kelapa juga diparut
2. Campurkan parutan singkong, parutan kelapa, gula pasir dan garam kemudian diaduk hingga merata
3. Bentuk adonan sesuai selera bisa bulat atau oval, namun pada bagian dalamnya isikan dengan sisiran gula merah sesuai selera
4. Yang terakhir tinggal digoreng hingga matang berwarna kecokelatan.

0 comments:

Post a Comment