Resep Memasak Sambal Goreng Tahu Petai

Seperti yang pernah kami singgung sebelumnya jika salah satu masakan pedas Indonesia yaitu sambal goreng memiliki beragam jenis dan variasi yang masing-masing memiliki cita rasa khas sendiri-sendiri. Dan jika beberapa waktu yang lalu blog ini pernah membahas sambal goreng terong, maka kali ini juga masih seputar masakan sambal goreng namun yang terbuat dari tahu sehingga disebut sebagai sambal goreng tahu yang rasanya tidak kalah nikmatnya jika dibandingkan dengan jenis sambal goreng lainnya.

Bagi anda semua yang merasa sebagai penggemar masakan sambal goreng tentu pernah mencicipi lezatnya masakan tradisional seperti ini, namun jika memang belum pernah mencobanya tentu jangan anda lewatkan untuk bisa mencicipinya. Sambal goreng tahu memiliki rasa pedas dan gurih dengan cita rasa tahu sehingga bisa kita bayangkan sendiri kelezatnnya, selain itu pada umumnya dalam membuat masakan seperti ini tahu dipotong dadu kecil-kecil dan ada juga yang menambahkan bahan lain seperti petai agar rasanya lebih segar.

Dibeberapa daerah di Jawa terkadang masakan seperti ini dibuat ketika ada acara khusus seperti kondangan yang kemudian ketika pulang para tamu diberi sekotak makanan yang berisi beragam masakan dan kue tradisional dan salah satunya adalah sambal goreng yang terbuat dari tahu seperti ini. Namun selain itu masakan seperti ini juga sering ada ketika lebaran dengan disajikan bersama kupat opor.

Sebagai salah satu masakan legendaris, tentu bagi ibu-ibu rumah tangga sudah banyak yang bisa membuat masakan dari tahu ini. Namun jika memang ada diantara anda yang belum bisa membuatnya dan ingin mencoba membuat sendiri berikut adalah salah satu resep untuk masakan tersebut yang diberi sedikit variasi petai.

Resep
5 tahu putih, potong dadu kecil-kecil
1 lonjor petai, tiap petai belah jadi dua
1 gelas santan dari 1/2 butir kelapa
1 gelas air
50 gram kacang polong siap saji(optional bila suka)
Minyak untuk menggoreng tahu dan menumis

Bumbu
3 cabe merah keriting
6 cabe merah besar
5 bawang merah
3 bawang putih
1 sendok kecil gula merah
Garam secukupnya
Vitsin secukupnya(optional bila suka)
1 ruas jari lengkuas
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk purut

Cara Memasak
  • Goreng tahu putih yang sudah dipotong-potong hingga kekuningan
  • Iris tipis cabe merah besar
  • Tumbuk halus bawang merah, bawang putih, garam dan cabe merah keriting
  • Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak hingga harum
  • Jika sudah masukan cabe merah besar yang sudah diiris halus, kemudian  petai, daun salam, lengkuas, vitsin, gula merah, dan daun  jeruk kemudian aduk
  • Tuangkan air dan tunggu hingga mendidih'
  • Masukan tahu dan kacang polong, masak hingga matang
  • Tuangkan santan, aduk dan tunggu beberapa saat hingga mendidih kembali dan airnya agak berkurang
  •  Siap untuk disajikan

0 comments:

Post a Comment