Resep Memasak Sambal Goreng Terong

Sebagai masyarakat Indonesia tentu kita semua sangat mengenal masakan yang bernama sambal goreng, dimana masakan seperti ini umum dibuat didalam kehidupan rumah tangga sebagai hidangan keluarga. Sambal goreng secara umum memiliki rasa yang pedas sehingga sangat disukai oleh mereka semua penggemar cita rasa pedas, dan menariknya lagi sambal goreng juga sangat beragam jenisnya yang dibedakan atas dasar dari bahan untuk membuatnya sehingga masing-masing memiliki cita rasa khas tersendiri.

Beberapa waktu yang lalu blog ini juga pernah membahas beberapa jenis sambal goreng seperti sambal goreng hati sapi, sambal goreng labu siam, kemudian sambal goreng telur dan lain-lain, maka untuk kali ini tentu saja juga masih seputar sambal goreng namun yang terbuat dari terong/terung(Solanum melongena). Sesuai dengan bahan yang digunakan tentu saja jika masakan ini disebut sebagai sambal goreng terong yang mungkin bagi anda semua tidak terlalu asing dengannya.

Masakan dari terong ini memiliki rasa yang pedas dan gurih dengan cita rasa terong yang begitu khas, sehingga masakan seperti ini juga disukai oleh masyarakat. Selain itu terong sendiri juga sangat mudah untuk bisa didapatkan dipasar-pasar tradisional dimana saja dengan harga yang murah, sehingga untuk membuatnya bisa dijangkau oleh siapa saja.

Walaupun sambal goreng terong tidak sepopuler beberapa jenis sambal goreng lainnya seperti sambal goreng hati, kentang, kerecek dan lain-lain, namun sebenarnya untuk sambal goreng yang terbuat dari terong ini tidak kalah lezatnya dengan jenis sambal goreng lainnya. Terlebih lagi jika anda sendiri adalah penggemar segala masakan yang terbuat dari terong tentu anda jangan sampai terlewatkan untuk bisa mencicipi masakan seperti ini.

Berkaitan dengan semua pembahasan diatas, bagi anda yang ingin mencoba untuk membuat sendiri masakan rasa pedas dari terong tersebut, berikut adalah resep beserta cara memasaknya.

Resep
3 buah terong ukuran sedang, kupas dan potong-potong
2 gelas santan dari 1/2 butir kelapa
1 gelas air
3 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu
3 bawang merah
3 bawang putih
8 cabe merah keriting
1/2 buah tomat ukuran sedang, iris-iris agak tebal
25 gram gula merah
vitsin secukupnya(bila suka)
1 sendok kecil garam
1 lembar daun salam
1 potong lengkuas

Cara Memasak
  • Tumbuk halus bawang merah, bawang putih, cabe kemudian tumis dengan sedikit minyak hingga harum
  • Masukan tomat yang sudah dipotong-potong kemudian aduk
  • Masukan terong yang telah dipotong-potong aduk dengan bumbunya. Tutup kira-kira 2 menit agar terong menjadi layu
  • Tambahkan air, gula merah, daun salam, lengkuas,garam dan sedikit vitsin dan tutup kembali kira-kira 2 menit
  • Tuangkan santan kemudian aduk hingga tercampur rata 

0 comments:

Post a Comment