Resep Membuat Kue Talam Ubi Jalar

Dinegeri kita yang tercinta ini menyimpan ribuan kue tradisional yang masing-masing daerah memiliki ciri khas masing-masing dan beberapa diantaranya sudah tersebar diberbagai daerah. Salah satunya adalah apa yang dinamakan dengan kue talam yang mungkin banyak diantara anda yang tidak asing dengannya atau pernah mencicipinya karena kue ini bisa dibilang cukup populer di Indonesia.

Berdasarkan dari sumber yang saya dapat di website Wikipedia, konon kabarnya jika kue ini berasal dari Kabupatan Jepara Jawa Tengah, namun sudah tersebar diberbagai daerah di Indonesia. Secara umum kue ini seperti berlapis dimana pada bagian atas memiliki lapisan berwarna putih yang dibuat dari adonan tepung dengan santan, sedangkan lapisan yang lain merupakan adonan yang pada umumnya ditambahkan bahan lain agar rasanya lebih nikmat.

Berdasarkan dari bahan tambahan untuk membuatnya kue talam cukup bervariasi macamnya dan salah satunya adalah kue talam ubi jalar. Seperi kita ketahui jika ubi jalar sendiri pada dasarnya sudah memiliki rasa yang manis sehingga tentu saja jika kue ini juga memiliki rasa yang manis khas ubi jalar yang juga dipadukan dengan lapisan atas yang merupakan adonan tepung beras dan santan.

Ketika digigit kue ini begitu empuk sehingga siapa saja bisa dengan mudah untuk menyantabnya sekalipun orang-orang yang sudah lanjut usia maupun anak-anak. Tidak perlu berpanjang lebar lagi bagi anda yang ingin mencoba membuat kue talam ubi jalar seperti ini berikut adalah salah satu resepnya.

Resep Kue Talam Ubi Jalar
Bahan A
600 gram ubi jalar, kukus kemudian kupas dan haluskan
100 gram tepung sagu
100 gram tepung beras
225 gram gula pasir
500 ml santan kental
2 sendok kecil agar-agar bubuk
Garam halus secukupnya

Bahan B
4 sendok makan tepung beras
40 gram tepung sagu
150 ml santan kental
50 ml air panas
Garam halus Secukupnya

Cara Membuat
  • Campurkan ubi jalar yang sudah dihaluskan dengan tepung beras, tepung sagu, santan, bubuk agar-agar, gula pasir, dan garam. Aduk hingga tercampur rata hingga lembut
  • Siapkan cetakan kue talam, olesi dengan sedikit minyak kemudian tuang adonan diatas kira-kira 3/4 bagian. Kukus hingga mengeras kira-kira 10 menit
  • Buatlah adonan lapisan atasnya, caranya adalah campur bahan B yaitu tepung beras, tepung sagu, dan garam, aduk hingga semua merata. Jika sudah tuang air panas dan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata kemudian saring
  • Tuang adonan tersebut kedalam cetakan yang berisi adonan yang sudah dikukus diatas hingga penuh. Jika sudah kukus kembali hingga matang kira-kira 20 menit.

0 comments:

Post a Comment