Resep Kue Pisang Bolen Cokelat Keju

Pisang molen adalah sebuah kue tradisional yang terbuat dari pisang yang kemudian dibungkus oleh lilitan adonan tepung dan dimasak dengan cara digoreng. Kue seperti ini merupakan favorit bagi masyarakat dari segala lapisan karena rasanya yang nikmat, namun selain dari pada itu ada juga sebuah kue yang sama-sama terbuat dari pisang sebagai isinya bahkan namanya juga mirip yaitu apa yang sering disebut-sebut sebagai pisang bolen(bollen).

Walaupun sama-sama berisi pisang kedua kue ini memang sangatlah berbeda yang tentunya rasanya juga akan berbeda, karena jika pisang molen lapisan pembungkusnya tipis dan dimasak dengan cara digoreng sedangkan kue yang satu ini agak tebal namun lebih berserat atau berlapis-lapis tipis yang dimasak dengan cara dipanggang didalam oven. 
Jika demikian kue dari pisang seperti ini memang terlihat lebih modern jika dibandingkan dengan pisang molen, bahkan selain itu dalam membuatnya selain diberi isi pisang secara umum juga bisa ditambahkan bahan lain seperti cokelat keju sehingga tentu saja rasanya akan lebih nikmat.

Kue isi pisang ini jika dilihat juga sangat menggoda karena bentuknya yang mengembang, selain itu ada juga yang ditabur dengan keju parut dan olesen kuning telur pada bagian atasnya yang membuatnya terlihat lebih ranum. Tidak perlu berpanjang lebar lagi bagi anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri dirumah, berikut adalah salah satu resepnya.

Resep Pisang Bolen Cokelat Keju

Bahan kulit
1/4KG tepung terigu protein sedang
75 gram pastry margarine
50 gram mentega
1 sendok makan Susu bubuk
60 gram gula pasir
1/2 sendok kecil Backing powder
2 butir kuning  telur
100 ml air es

Bahan isi
7-8 pisang raja potong jadi 2 atau 3 sesuai selera
Keju potong memanjang sesuai selera
Meises secukupnya

Bahan olesan

1 butir kuning telue dikocok
Keju parut untuk taburan

Cara Membuat
  • Campurkan beberapa bahan seperti tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, dan backing powder terlebih dahulu
  • Jika sudah masukan kuning telur mentega dan air es kemudian uleni hingga kalis
  • Ambil adonan dan bentuklah bulat kemudian diamkan kira-kira seperempat jam
  • Jika sudah pipihkan menjadi persegi kemudian oleskan 1/3 bagian pastry margarin dan ratakan. Lipat sisi kanan dan kiri ke tengah kemudian lipat sekali lagi, diamkan lagi kira-kira seperempat jam.
  • Lakukanlah hingga pastry margarin habis, kemudian masukan kedalam lemari es kira-kira setengah jam
  • Keluarkan adoanan dari lemari es kemudian pipihkan agar tipis kira-kira 0,3cm, kemudian potong kotak-kotak dengan ukuran 4x4cm
  • Tiap lembar berilah potongan pisang, keju dan meises kemudian lipat kembali
  • Siapkan loyang yang telah diolesi sedikit margarin, kemudian tatalah adonan yang sudah diiisi, olesilah permukaannya dengan kuning telur dan taburlah dengan keju parut.
  • Jika sudah siap tinggal dipanggang dalam oven dengan suhu 160 derajat celcius hingga matang

0 comments:

Post a Comment