Resep Membuat Pisang Molen Keju

Sebagian besar jenis camilan gorengan yang sering kita kenal kebanyakan memiliki rasa yang gurih, namun selain itu juga ada jenis gorengan lain yang rasanya dominan dengan rasa manis. Salah satu jenis gorengan yang memiliki rasa manis adalah apa yang sering disebut oleh banyak orang sebagai pisang molen. Ketika mendengar namanya tentu saja anda juga tidak asing dan sebagian besar pasti pernah mencicipinya.

Apa sebenarnya yang membuat jenis camilan gorengan atau kue goreng ini terasa begitu istimewa dan berhasil memikat hati para penggemarnya dari masa ke masa. Jawabannya adalah berbeda dengan jenis pisang goreng lainnya, pisang molen lebih menarik karena dibalut dengan adonan tepung terigu yang melingkar rapi, sehingga terlihat sangat menarik yang membuat kita semua ingin memakannya.

Selain itu kami juga mendapatkan informasi ternyata molen sendiri berasal dari kata "bulen" yang memiliki arti dilapisi atau dibalut, sehingga bisa kita lihat hasilnya memang pada dasarnya kue ini hanya sebuah potongan pisang yang kemudian dibalut kemudian digoreng. Camilan gorengan seperti ini sangat mudah untuk bisa kita temukan dipinggir-pinggir jalan raya yang dijual oleh para pedagang gorengan, yang setiap sore selalu ada dan siap melayani para pelanggannya.

Menariknya lagi dalam perkembangannya juga ada pisang molen yang didalamnya diberi bahan tambahan yaitu keju sehingga rasanya akan tambah istimewa, selain itu beberapa waktu yang lalu kami juga menemui pisang molen yang juga cukup unik dijalan, karena memiliki ukuran yang sangat kecil-kecil harganya sangat murah dan bisa disantab dalam satu kali telan.

Pisang molen sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga dengan segelas teh hangat untuk bersantai dalam melepas kepenatan rutinitas sehari-hari. Walaupun hingga sekarang masih cenderung mudah untuk bisa menemukan pisang molen, namun jika anda ingin mencoba untuk membuatnya sendiri berikut adalah resepnya.

Resep Pisang molen
500 gram tepung terigu
100 gram gula bubuk
120 gram mentega kemudian cairkan
2 kuning telur
100 ml air
2 sendok kecil vanili
Pisang raja kira-kira 15-20 buah(tergantung ukuran)
Keju yang dipotong memanjang sesuai selera(jika tidak pakai keju juga tidak apa-apa)

Cara membuat
1. Siapkan wadah campurkan beberapa bahan seperti terigu, gula,  vanilli kemudian aduk hingga rata.
2. Jika sudah tuangkan kuning telur beserta mentega dan air sedikit demi sedikit uleni hingga kalis. Tutuplah adonan dengan plastik dan diamkan kira-kira 20-30 menit
3. Ambil adonan kemudian giling tipis kira-kira 2-3 mm dengan alat penggiling, namun jika tidak ada juga bisa digiling dengan botol kaca yang bersih gunakan pada bagian sisinya. Jika sudah potong-potong memanjang berbentuk seperti pita
4. Potong-potong pisang secara memanjang ukuran sesuai dengan selera. Jika sudah potongan pisang dan keju kemudian balutlah dengan adonan kulit berbentuk pita yang sudah jadi.
5. Gorenglah hingga matang, kuning kecokelatan

0 comments:

Post a Comment