Resep Memasak Semur Iga Sapi

Semur adalah sebuah masakan legendaris Indonesia yang memiliki ciri khas dimana kuahnya berwarna cokelat pekat dan rasanya gurih manis sehingga dari masa ke masa masakan seperti ini selalu disukai oleh masyarakat. Masakan seperti ini sebenarnya juga cukup beragam macamnya yang dibedakan dari ciri khas daerah masing-masing dan juga bahan yang digunakan untuk membuatnya dan salah satunya adalah masakan semur yang terbuat dari daging sapi atau iga sapi.

Masakan tradisional seperti ini juga cukup umum dibuat oleh masyarakat untuk hidangan keluarga tercinta yang disajikan bersama dengan nasi hangat sebagai lauk ketika makan. Selain itu karena rasanya yang manis masakan dari daging sapi ini disamping orang dewasa yang suka menyantabnya, namun anak-anak juga suka dengan masakan seperti ini.

Seperti kita ketahui jika daging iga sapi sendiri juga memiliki rasa yang khas terlebih lagi ketika dimasak dengan bumbu rempah khas Indonesia seperti ini, sehingga akan membuat kita semua akan lahab memakannya dan bertambah selera makannya.

Sebagai masakan legendaris yang resepnya kita dapatkan secara turun-temurun tentu sudah banyak diantara kita yang sudah bisa memasak atau membuat semur daging sapi seperti ini. Namun mungkin saja ada diantara anda yang sedang belajar memasak dan ingin mencoba membuatnya, sehingga berkaitan dengan hal tersebut berikut adalah salah satu resep dan cara memasaknya yang bisa anda coba.

Resep
1/2Kg daging iga sapi, direbus terlebih dahulu kemudian potong-potong sesuai selera
3 sendok makan kecap manis
2 sendok makan minyak untuk menumis
1 sendok makan bawang goreng untuk taburan

Bumbu
4 bawang putih
1 sendok kecil merica
1 sendok kecil garam
1 sendok kecil gula psir
3 potong kecil tomat
3 iris bawang bombay

Cara Memasak
  • Haluskan bawang putih dan merica, sedangkan tomat ditumbuk kasar, kemudian tumislah hingga harum
  • Masukan bawang bombay kemudian aduk-aduk
  • Tuangkan 2 gelas air kaldu sapi(air rebusan daging sapi diatas), bersama dengan daging sapi, kemudian kecap manis, gula pasir, vitsin(bila suka) dan tunggulah hingga mendidih kira-kira 10 menit hingga daging sapi lunak
  • Jika sudah masak taburlah dengan bawang merah goreng
  • Siap disajikan

0 comments:

Post a Comment