Resep Membuat Cake Marmer

Kue bolu atau orang-orang luar negeri lebih mengenalnya sebagai cake  memang sangat bervariasi jenisnya, dan satu diantaranya adalah apa yang sering disebut-sebut orang sebagai kue cake marmer. Jika dilihat dari namanya memang sangat unik yaitu marmer yang lebih dikenal orang sebagai batu yang digunakan untuk ubin rumah dan memiliki corak yang tidak beraturan namun indah dipandang.

Mungkin cake seperti ini dinamakan demikian karena memiliki corak yang ada kemiripan dengan ubin marmer sehingga banyak orang yang menyebutnya sebagai cake marmer. Selain itu secara umum cake seperti ini berwarna kuning dengan corak kecokelatan bahkan sebagian orang ada juga yang menyebut kue cake seperti ini sebagai kue bolu atau cake mode lama alias cake jadul.

Dalam perkembangannya sebenarnya kue seperti ini tidak hanya warna itu-itu saja, namun juga ada warna lain yang lebih indah dipandang mata sehingga terlihat modern yang akan membuat kita semua yang melihatnya langsung ingin menyantabnya. Namun untuk artikel kali ini blog ini akan membahas kue cake atau bolu marmer kuning cokelat sekaligus bernostalgia, karena menurut saya kue jenis seperti ini sudah cukup jarang yang membuatnya.

Jika dilihat dari rasanya kue ini memiliki rasa yang manis dengan perpaduan rasa cokelat, selain itu dalam menyajikannya pada umumnya dipotong-potong persegi dan dikemas dalam plastik, yang sering dibuat untuk acara-acara seperti arisan, pengajian dan lain-lain. Tidak perlu berpanjang lebar lagi bagi anda yang ingin bernostalgia membuatnya, berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.

Resep
8 kuning telur
8 putih telur
200 gram gula halus
200 gram terigu
1 sendok kecil ovalet
25 gram cokelat bubuk
250 gram mentega
Vanili secukupnya

Cara Membuat
  • Kocoklah 8 kuning telur bersama dengan gula halus, mentega, ovalet dan vanili sampai mengembang
  • Kocoklah putih telur sampai berbusa
  • Masukan tepung terigu kedalam kocokan kuning telur kemudian aduk sampai merata
  • Setelah merata tuangkan kocokan putih telur dan aduk perlahan
  • Ambil 1/3 bagian adonan, sisihkan dan campurkan dengan cokelat bubuk
  • Siapkan loyang ukuran 20x20 dan oleslah dengan mentega
  • Jika sudah tuangkan 3/4 adonan kedalam loyang tersebut kemudian ratakan
  • Tuangkan adonan warna cokelat diatasnya secara berputar
  • Jika sudah masukan kedalam oven dan panggang hingga matang

0 comments:

Post a Comment