Resep Sambal Goreng Kacang Panjang Campur Tempe

Sekitar satu bulan yang lalu blog ini pernah membahas tentang memasak sebuah masakan tradisional yang terbuat dari kacang panjang yaitu tumisan kacang panjang tahu putih. Maka untuk kali ini juga masih seputar masakan tradisional Indonesia yang menggunakan bahan yang sama  berupa kacang panjang yaitu sambal goreng kacang panjang. Sepintas kedua masakan seperti ini memang terlihat mirip, namun jika dilihat dari rasanya tentu saja berbeda karena jika tumisan memiliki rasa yang dominan dengan rasa gurih, sedangkan sambal goreng lebih pedas.

Dalam membuatnya tentu saja juga bisa kita tambahkan bahan-bahan lain sesuai dengan selera anda supaya rasanya lebih nikmat yang menggugah selera. Salah satu bahan tambahan tersebut yang mudah untuk bisa kita jumpai dan memiliki harga yang murah adalah tempe. Jika demikian tentu saja bagi anda semua penggemar segala makanan atau masakan yang terbuat dari kacang panjang maupun tempe pasti akan sangat suka dengan masakan seperti ini.
Sambal goreng seperti ini akan sangat nikmat jika kita sajikan bersama dengan nasi hangat untuk hidangan keluarga anda, namun selain itu juga akan lebih nikmat lagi jika kita menyajikannya dengan aneka macam lauk lain sesuai selera anda. Tidak perlu berpanjang lebar lagi bagi anda semua yang ingin mencoba memasak sambal goreng kacang panjang campur tempe, berikut adalah salah satu resep yang bisa anda coba.


Resep
1 ikat kacang panjang, potong-potong sesuai selera
1 papan tempe, potong ukuran kecil memanjang
1 gelas santan dari 1 butir kelapa
2 gelas air
Sedikit minyak untuk menumis

Bumbu
3 buah bawang merah
3 siung bawang putih
8 buah cabe merah
25 gram gula merah
1 sendok garam
1 lembar daun salam
1 potong kecil lengkuas
1/2 buah tomat, potong jadi empat iris

Cara Memasak
  • Bawang merah, bawang putih, cabe, dan garam tumbuklah hingga halus, untuk tomat tumbuk kasar
  • Jika sudah tumislah hingga baunya harum
  • Masukan kacang panjang kemudian aduk agar bumbu tercampur, tutup kira-kira 3 menit
  • Jika kacang sudah layu, masukan tempe yang sudah dipotong-potong,gula merah, daun salam, lengkuas dan sedikit vitsin(bila suka). Aduk semua hingga merata dan tutup kembali kira-kira 3 menit
  • Tuangkan 2 gelas air tutup lagi hingga kacang panjang dan tempe menjadi lunak
  • Tuangkan santan kental dan tunggu kira-kira 5 menit agar matang

0 comments:

Post a Comment