Resep Memasak Tumisan Kacang Panjang Tahu Putih

Kacang panjang adalah sejenis sayur-sayuran yang juga menjadi favorit masyarakat Indonesia untuk diolah menjadi beragam masakan tradisional. Sayuran ini memiliki nama trinomial "Vigna unguiculata sesquipedalis" yang tumbuh secara melilit dan memanjat, yang mudah untuk bisa ditemukan dikawasan panas benua Asia, termasuk beberapa daerah di Indonesia sehingga sangat mudah untuk bisa kita dapatkan dipasar-pasar tradisional dengan harga yang murah, sehingga disukai oleh masyarakat dari segala lapisan.

Salah satu jenis masakan yang populer ditengah masyarakat yang terbuat dari sayuran ini adalah apa yang sering-sering disebut sebagai tumis kacang panjang atau orang Jawa lebih mengenalnya sebagai oseng-oseng kacang panjang. Mungkin anda semua pernah mencicipi nikmatnya masakan seperti ini, karena sebenarnya masakan seperti ini juga sangat umum dibuat dalam kehidupan ruman tangga oleh masyarakat Indonesia.

Hidangan rumahan seperti ini memiliki rasa yang dominan dengan rasa gurih dan sedikit rasa agak sedikit pedas, dengan cita rasa yang khas yang tentunya akan selalu siap untuk menggoyang lidah anda semua. Selain itu jika dilihat dari bentuknya masakan seperti ini berupa kacang panjang yang dipotong-potong kira-kira 4-5cm kemudian dimasak dengan cara ditumis, yang terkadang juga diberi bahan lainnya sesuai selera yang akan menambah cita rasanya.

Tidak perlu berpanjang lebar lagi, bagi anda yang ingin mencoba membuat masakan tumis kacang panjang seperti ini, namun dengan sedikit variasi tambahan tahu putih, berikut adalah salah satu resep dan cara memasaknya.

Resep Tumis Kacang Panjang Tahu Putih
1 ikat kacang panjang, dipotong-potong
5 buah tahu putih ukuran 5cm, dipotong-potong persegi
1/2 gelas air
1 sendok makan minyak goreng, untuk menumis

Bumbu
4 bawang merah
4 siung bawang putih
5 cabe merah besar
5 cabe hijau besar
1 iris tempe busuk, kemudian potong kecil-kecil
50 gram gula merah, disisir
1 lembar daun salam
1 potong lengkuas
Garam secukupnya
Vitsin secukupnya(optional bila suka)

Cara memasak
  • Iris tipis-tipis bawang merah dan bawang putih, kemudian cabe hijau dan merah juga diiris-iris sesuai selera
  • Jika sudah tumislah hingga harum, kemudian masukan garam, tempe busuk dan potongan tahu putih, aduk hingga merata
  • Masukan kacang panjang yang sudah dipotong-potong kemudian aduk
  • Masukan gula merah, vitsin, daun salam, dan lengkuas kemudian aduk kembali dan tutup kira-kira 3 menit
  • Tunggu hingga kacang panjang menjadi layu, kemudian tuangkan air dan tutup kembali, tunggu hingga lunak dan airnya mengering

0 comments:

Post a Comment