Resep Membuat Kue Bantal Pisang

Beberapa waktu yang lalu blog ini pernah membahas sebuah kue tradisional khas Bali yang terbuat dari pisang yaitu apa yang dinamakan dengan kue pisang rai. Maka untuk artikel kali ini juga masih seputar kue khas Bali yang sama-sama terbuat dari pisang dan untuk yang satu ini namanya adalah kue bantal pisang. Jika dilihat dari namanya kue ini memang ada kemiripan dengan bentuk dari bantal, namun tentu saja ukurannya jauh lebih kecil, selain itu rasanya juga manis sehingga bagi kita semua yang mencicipinya akan suka padanya.

Selain pisang, bahan yang digunakan untuk membuat kue ini adalah beras ketan dan kelapa parut yang menyelimuti potongan pisang yang ada didalamnya, sehingga ketika digigit kue ini juga terasa agak lengket. Jika demikian kue ini juga mengingatkan kita dengan kue legendaris nagasari, karena sama-sama merupakan potongan pisang yang diselimuti oleh adonan. Namun perbedaanya jika nagasari seperti kita ketahui semua bahan yang menyelimuti pisang adalah adonan tepung, selain itu jika dilihat dari bahan untuk pembungkusnya jika nagasari dibungkus oleh daun pisang maka untuk kue bantal pisang dibungkus dengan janur(daun kelapa yang masih muda).

Karena kue ini dibungkus oleh janur tentu saja menambah keunikan dan ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan jenis kue-kue lain, selain itu kue ini juga semakin terlihat alami karena memiliki pembungkus dari daun, disamping bahan-bahan untuk membuatnya yang juga alami. Mungkin ada diantara anda yang penasaran dengan kue seperti ini, oleh karena itu bagi anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri karena belum memiliki kesempatan untuk berlibur ke pulau Bali, berikut adalah salah satu resepnya.

Resep Kue Bantal Pisang
5 buah pisang raja matang
250 gram ketan
1/4 butir kelapa setengah muda, kemudian diparut
110 gram gula pasir
garam secukupnya

Pembungkus
Janur
Tali plastik atau rafia

Cara Membuat
  • Kukuslah ketan terlebih dahulu hingga matang, disisi lain potong-potonglah pisang sesuai selera
  • Jika sudah campurkan ketan tersebut bersama dengan kelapa parut, garam, gula dan aduk hingga semua merata
  • Siapkan pembungkusnya dengan membuat lilitan janur seperti lepet kira-kira berukuran 4cm
  • Jika sudah ambil sedikit adonan ketan masukan kedalam janur dan isilah dengan pisang dan tutup dengan adonan ketan kembali. Lilitlah dengan tali plastik agar rapat dan tidak mudah lepas
  • Kukuslah hingga matang, angkat dan sajikan

0 comments:

Post a Comment