Resep Memasak Sayur Kare Labu Siam

Indonesia memang kaya akan masakan sayur yang rasanya sangat lezat, salah satunya yang tentu tidak asing oleh kita semua yaitu sebuah masakan yang dinamakan sayur kare yang begitu legendaris, karena ditengah banyaknya masakan-masakan impor yang sering menjadi trend namun masakan seperti ini tetap menjadi favorit oleh masyarakt Indonesia.

Masakan khas Indonesia ini sebenarnya juga cukup beragam jenisnya yang dibedakan berdasarkan dari bahan yang digunakan dalam membuatnya. Salah satunya adalah labu siam(Sechium edule) atau yang juga dikenal sebagai jipang yang tentunya sangat mudah untuk bisa kita temukan dipasar-pasar tradisional dengan harga yang murah. Selain itu dalam membuatnya juga akan lebih nikmat lagi jika kita tambahkan beberapa bahan lain sesuai dengan selera dan kreasi masing-masing dan diantaranya adalah buncis, wortel maupun kulbis.

Dengan menggunakan bahan-bahan tersebut tentu saja jika masakan sayur seperti ini akan bertambah merona jika dilihat oleh mata, selain itu seperti kita ketahui semua jika kuah dari sayur kare juga berwarna kuning yang merona, sehingga akan membuat semua orang akan serasa ingin menyantabnya walaupun hanya melihatnya saja.

Jika dilihat dari rasanya sayur kare labu siam seperti ini memiliki rasa yang gurih agak sedikit manis dan juga memiliki aroma yang begitu harum yang akan membuat perut kita semakin terasa keroncongan jika mencium bau uapnya. Oleh karena itu bagi anda yang merasa penasaran dengan rasa dari kelezatan masakan ini, berikut adalah salah satu resep yang bisa anda coba.

Resep
1 buah labu siam ukuran besar, kupas dan potong persegi
100 gram buncis potong sama panjang
3 buah wortel potong-potong sesuai selera
3 lembar kulbis potong-potong sesuai selera
2 gelas santan dari 1/2 butir kelapa
2 gelas air
3 sendok minyak goreng untuk menumis

Bumbu
3 bawang merah
3 bawang putih
1/2 sendok kecil ketumbar
1/2 sendok kecil merica
5 butir kemiri
5cm kunyit bakar
1 lembar daun salam
1 potong lengkuas
1 batang serai
2 lembar daun jeruk purut
35 gram gula merah
Vitsin secukupnya(bila suka)
Garam secukupnya

Cara memasak
  • Bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan merica tumbuklah hingga halus
  • Jika sudah tambahkan kunyit dan kemiri kemudian tumbuk semuanya hingga benar-benar halus
  • Panaskan minyak kemudian tumis bumbu halus diatas hingga harum dan masukanlah labu siam bersama buncis. Aduk sebentar dan tutup kira-kira 3 menit
  • Jika labu siam dan buncis sudah terlihat layu, kemudian masukanlah wortel dan kulbis aduk kembali dan tutup kira-kira 5 menit.
  • Masukanlah gula merah, vitsin, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan serai kemudian aduk hingga semuanya tercampur
  • Tuangkan 2 gelas air, aduk dan tutup 5 menit hingga mendidih
  • Jika sudah tuangkan santan dan tunggu hingga mendidih kembali

0 comments:

Post a Comment