Resep Membuat Mendoan Gembus Gurih

Selain tempe mendoan yang merupakan camilan gorengan tradisional, juga ada jenis mendoan yang lain yang tidak kalah populernya ditengah masyarakat menengah kebawah yaitu mendoan gembus(tempe gembus). Saya yakin banyak diantara anda yang pernah mencicipi kenikmatan camilan tradisional seperti ini, karena dari masa ke masa camilan gorengan seperti ini sering dijajakan oleh para pedagang gorengan dimana saja.

Seperti kita ketahui semua jika tekstur dari tempe gembus sendiri sangat lunak sehingga ketika digigit juga sangat empuk. Selain itu ketika dibuat menjadi gorengan lapis tepung seperti ini tentu rasanya juga sangat gurih, terlebih lagi jika kita sajikan ketika masih hangat bersama dengan cabai rawit hijau sebagai lalapan atau orang Jawa bilang ceplusan(lalapan cabai rawit).

Tempe gembus juga tergolong sangat murah bahkan lebih murah jika dibandingkan dengan tempe dan tahu. Oleh karena itu tidak heran jika pada umumnya para penjual gorengan membuat mendoan gembus berukuran lebih besar jika dibandingkan dengan gorengan-gorengan yang lain walaupun harganya sama.

Camilan tradisional seperti ini sangat cocok kita jadikan camilan dikala pagi atau sore hari terlebih lagi jika cuaca hujan dengan ditemani segelas teh atau kopi sambil nonton acara televisi. Oleh karena itu berkaitan dengan hal tersebut bagi anda yang ingin membuat camilan gorengan dari tempe gembus tersebut, berikut adalah salah satu resep beserta dengan cara membuatnya.

Resep
300 gram tempe gembus
1 sendok makan tepung sagu
200 gram tepung terigu
1 gelas air
Daun seledri secukupnya, iris halus
Minyak goreng

Bumbu
1 sendok kecil ketumbar
3 siung bawang putih
Garam secukupnya

Cara membuat
  • Haluskan semua bahan bumbu diatas kemudian campurkan dengan tepung terigu, air dan dan seledri, aduk hingga semua rata menjadi adonan
  • Iris-iris agak tipis gembus, kemudian celupkan kedalam adonan tepung yang sudah dibuat
  • Panaskan minyak, kemudian gembus yang sudah dilumuri adonan tepung gorenglah hingga kekuningan
  • Angkat kemudian sajikan bersama dengan cabai rawit hijau.

0 comments:

Post a Comment