Resep Memasak Sambal Goreng Buncis

Belum lama ini blog kiostips pernah membahas sebuah masakan tradisional yang terbuat dari sayur buncis yaitu asem-asem buncis tahu putih, maka untuk kesempatan kali ini masih seputar masakan yang terbuat dari buncis yaitu sambal goreng buncis. Masakan seperti ini sebenarnya juga cukup umum dibuat oleh ibu-ibu rumah tangga di Indonesia, sehingga merupakan masakan atau menu yang biasa disajikan untuk keluarga.

Masakan cita rasa pedas seperti ini memiliki rasa yang lebih pedas jika dibandingkan dengan asem-asem buncis, namun keduanya juga sama-sama nikmat jika kita sajikan bersama dengan nasi putih dan juga beragam lauk sesuai dengan selera masing-masing. Selain itu buncis sendiri juga memiliki cita rasa dan aroma tersendiri sehingga ketika dimasak sambal goreng juga akan memiliki  rasa yang begitu khas, mengingat masakan sambal goreng sendiri juga cukup beragam jenisnya yang dibedakan atas dasar bahan untuk membuatnya.
Walaupun sambal goreng dari sayur buncis tidak sepopuler sambal goreng hati, sambal goreng kentang dan lain-lain, namun masakan ini tetap digemari oleh masyarakat. Terlebih lagi dalam menyajikan hidangan atau sarapan untuk keluarga tentu akan lebih baik jika setiap hari berganti-ganti menu agar tidak bosan, sehingga menu seperti ini bisa menjadi salah satu daftar sarapan untuk keluarga anda.

Bagi anda semua penggemar masakan sambal goreng, tentu jangan sampai terlewatkan untuk mencicipi masakan tradisional seperti ini. Oleh karena itu berkaitan dengan semua bahasan diatas, berikut adalah resep dan cara memasaknya bagi anda yang ingin membuatnya sendiri.

Resep

500 gram buncis, iris agak tipis
1 gelas santan dari 1 butir kelapa
1 gelas air

Bumbu
4 bawang merah
3 bawang putih
10 cabe merah keriting
25 gram gula merah
1 sendok kecil garam
Vitsin secukupnya(bila suka)
1/2 buah tomat, potong kecil-kecil
1 lembar daun salam
1 potong lengkuas

Cara Memasak
  • Bawang merah, bawang putih dan cabe merah haluskan terlebih dahulu
  • Tumislah bumbu halus hingga layu kemudian masukan potongan tomat aduk hingga rata
  • Masukan buncis aduk kembali, kemudian tutup agar buncis cepat layu
  • Masukan gula merah, air, vitsin, daun salam dan lengkuas kemudian tunggu samapi air mendidih
  • Jika buncis sudah lunak tuangkan santan, kemudian tunggu kira-kira 3 menit hingga mendidih dan matang

0 comments:

Post a Comment