Resep Membuat Gorengan Tempe Mendoan

Jika anda penggemar camilan gorengan tentu tidak asing dengan salah satu anggota keluarga makanan gorengan yang terbuat dari bahan baku berupa tempe, yaitu apa yang sering disebut-sebut sebagai Mendoan. Tempe mendoan adalah salah satu jenis camilan khas dari Jawa Tengah terutama didaerah Banyumas, namun karena kelezatannya tempe mendoan sekarang sudah tersebar berbagai daerah karena sangat disukai oleh masyarakat.

Hampir disetiap sore hari hingga malam banyak sekali para pedagang gorengan dipinggir jalan yang mulai menjajakan tempe mendoan, namun tidak hanya itu saja pada umumnya para pedagang juga menjual beberapa jenis camilan gorengan yang lainnya. Tempe mendoan sangat nikmat apabila dimakan langsung dengan cabai rawit hijau, terlebih ketika gorengan ini masih dalam keadaan hangat. Namun selain itu tempr mendoan juga cocok untuk dijadikan teman makan dengan bermacam-macam jenis masakan atau sayur.

Kata Mendoan sendiri konon kabarnya berasal dari kata"Mendo" yang merupakan bahasa Banyumas yang memiliki arti sebagai setengah matang atau lembek. Hal ini memang bisa dilihat dari kulit dari tempe mendoan yang pada umumnya agak sedikit lembek dan terbuat dari tepung, namun jika dilihat dari rasanya sangatlah gurih dan nikmat. Selain itu pada umumnya bagian kulit tempe mendoan juga terdapat irisan daun Bawang yang membuatnya lebih terlihat segar dan lebih menambah aroma.

Sebenarnya camilan tempe mendoan seperti ini cukup sederhana, karena berupa tempe yang kemudian digoreng dengan adonan tepung hingga agak matang. Sehingga dalam hal ini tempe mendoan dapat dipastikan semua orang termasuk kaum laki-laki pasti bisa membuatnya apabila mau mencoba. Oleh karena itu bagi anda yang belum pernah membuat tempe mendoan dan ingin mencoba membuatnya, berikut adalah salah satu resepnya.
Bahan-bahan yang dibutuhkan
Tempe Mendoan, atau juga bisa tempe biasa yang bentuk persegi kemudian diiris agak tipis
100 gram tepung beras
2 sendok makan tepung terigu
3 batang daun bawang, kemudian diris agak tipis-tipis
125 ml air

Bumbu Halus
2 siung bawang putih
1 bawang merah
1 sendok kecil ketumbar
½ sendok kecil merica butir
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Campurkan kedua jenis tepung diatas, beserta bumbu halus dan irisan daun bawang, kemudian tuangkan air dan aduklah hingga merata.
2. Celupkan tempe kedalam adonan tepung diatas, kemudian gorenglah dengan minyak panas hingga berubah warna agak kekuningan namun jangan terlalu matang. Sebagai tambahan, pastikan volume minyak cukup banyak sehingga ketika menggoreng tempenya benar-benar terendam minyak,
3. Jika sudah angkat dan tiriskan, sajikan dnegan cabai rawit atau juga bisa sambal kecap maupun saus

0 comments:

Post a Comment