Resep Membuat Kue Misro(Amis di Jero)

Lama tidak nulis tentang kue tradisional yang terbuat dari singkong, oleh karena itu mari kita menuju ke Jawa Barat dimana ada sebuah kue tradisional khas Sunda yang terbuat dari singkong dan menarik untuk dibahas. Kue ini adalah apa yang disebut-sebut sebagai kue misro yang berdasarkan dari sumber yang saya dapat adalah singkatan dari "amis dijero" dan jika kita artikan kedalam bahasa Indonesia artinya adalah manis didalam.

Sesuai dengan namanya kue ini terdapat bahan pemanis yang berupa gula merah sehingga rasanya manis ketika digigit, sehingga tentu akan disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Selain itu jika dilihat dari bentuknya kue ini berbentuk bulat atau lonjong yang berwarna kecokelatan karena kue ini dimasak dengan cara digoreng. 

Jika demikian kue ini juga akan mengingatkan kita dengan kue tradisional legendaris yaitu combro yang sama-sama berasal dari Jawa Barat. Bahkan jika dilihat dari penampilan luarnya sangat mirip, dan pada bagian kulitnya juga sama-sama terbuat dari singkong yang dimasak dengan cara digoreng. Perbedaan kedua kue ini hanyalah terdapat pada bagian dalamnya, yaitu jika combro sesuai dengan kepanjangannya yaitu "oncom dijero" sehingga berisi oncom atau juga bisa tempe, sedangkan untuk kue jenis ini sesuai yang saya sebut diatas berisi gula merah.

Sebagai kue yang terbuat dari singkong, tentu kue misro bisa kita dapatkan dengan harga yang murah, karena seperti kita ketahui jika ubi singkong sangat mudah didapatkan dimana saja bahkan bisa dibilang berlimpah. Oleh karena itu bagi anda yang secara kebetulan memiliki persediaan singkong dirumah dan bingung mau dijadikan menjadi apa, mungkin camilan dari singkong inibisa anda coba karena cara membuatnya juga mudah.
Resep
1/2kg singkong, kemudian diparut
1/4 buah Kelapa, kemudian diparut
125 gram gula merah, disisir
garam secukupnya

Cara Membuat
  • Campurkan singkong parut, kelapa parut dan garam kemudian aduk semuanya hingga merata
  • Jika sudah ambil sedikit adonan kemudian bulatkan dan pipihkan, dan isilah dengan gula merah sisir sesuai selera
  • Tutuplah dengan dibentuk bulat atau lonjong
  • Jika sudah semuanya gorenglah hingga matang berwarna kuning kecokelatan

0 comments:

Post a Comment