Resep Combro(Oncom dijero)

Jika di Jawa Tengah ada sebuah kue gorengan tradisional yang terbuat dari singkong parut bernama Klenyem, maka di Jawa Barat juga ada kue yang agak mirip dengannya yaitu apa yang sering disebut-sebut orang sebagai Combro. Kesamaan dari camilan gorengan ini adalah sama-sama terbuat dari singkong parut yang dibentuk bulat seperti telur, dan perbedaanya adalah pada bahan isinya. Jika Klenyem diberi isi gula merah manis, sedangkan Combro pada umumnya diberi isi adonan oncom yang gurih agak pedas.

Perbedaan bahan isi inilah yang membuat kedua kue gorengan ini memiliki rasa yang berbeda walaupun bahan kulitnya sama. Selain itu sesuai dari sumber yang kami dapatkan, jika Combro dinamakan demikian karena berasal dari kata oncom dijero(bahasa Sunda) yang memiliki arti oncom didalam. Selain itu kue ini juga memiliki sebutan lain yaitu Gemet yang berasal dari kata dage saemet, yang memiliki arti dage di dalam.

Walaupun kue Combro merupakan kue khas Jawa Barat, akan tetapi cukup popoluler dibeberapa daerah di nusantara. Namun sayangnya kue ini dibeberapa tempat sudah agak langka dan jarang ada orang yang membuatnya, sedangkan untuk di Jawa Barat sendiri kami sendiri kurang tahu masih banyak atau tidak. Padahal kue combro adalah camilan yang murah meriah dan rasanya enak dan sangat cocok dinikmati dengan segelas teh hangat.

Kue Combro memang membuat kita menjadi rindu untuk mencicipinya kembali, sedangkan untuk mencari penjual kue ini juga jarang dibeberapa tempat. Oleh karena itu mari kita membuatnya sendiri, jika anda tertarik berikut adalah resep dan cara membuatnya.
Resep Combro
500 gram singkong
200 gram kelapa setengah tua
50 gram gula pasir
Garam secukupnya

Bahan isi

1/2 mangkok kecil oncom kemudian ancurkan(juga bisa diganti tempe goreng)
2 butir bawang merah
1 siung bawang putih haluskan
2 batang daun bawang di potong tipis
2 batang daun seledri di potong tipi
Cabai rawit/cabai merah menurut selera tingkat kepedasan
Garam, merica, kecap manis dan gula secukupnya

Cara membuat
1. Parutalah singkong dan kelapanya
2. Kemudian parutan singkong dan kelapa tersebut campurkan dengan garam dan gula.
3. Buat bahan isinya caranya, tumis bawang putih dan bawang merah kemudian masukan oncom beserta bumbu lainnya yaitu garam, merica, kecap manis, cabai rawit, daun bawang dan seledri. Aduk dan tunggu hingga matang.
4. Jika sudah ambil adonan sebesar telur ayam berukuran kecil, kemudian berilah bahan isi pada bagian tengahnya, tutup kembali dan goreng hingga matang.

0 comments:

Post a Comment