Resep Membuat Pisang Rai Khas Bali

Bali adalah salah satu daerah yang sangat terkenal karena keindahan dan budayanya, sehingga menjadi salah satu daerah tujuan wisata dari seluruh dunia. Daerah in tentu juga menyimpan banyak kuliner khas setempat yang sangat menarik untuk kita bahas dan salah satunya adalah apa yang dinamakan dengan kue Pisang Rai khas Bali.

Pada dasarnya kue semacam ini adalah berupa pisang yang dibungkus oleh adonan tepung yang kemudian direbus, dan disajikan dengan ditabur kelapa parut sehingga rasanya akan lebih segar. Selain itu kue ini juga akan mengingatkan kita dengan pisang ijo, namun perbedaanya jika kuliner khas bali ini ditabur dengan kelapa parut.

Kue tradisional ini cocok untuk kita jadikan sebagai camilan beserta dengan ditemani segelas minuman dingin ketika siang hari, oleh karena itu bagi anda yang sedang berlibur ke pulau Dewata jangan lupa untuk mencoba mencicipi nikmatnya kue ini. Namun sayangnya kue seperti ini mungkin hanya banyak terdapat di Bali saja, sehingga mungkin bagi anda yang diluar daerah kesulitan untuk bisa mendapatkannya.

Oleh karena itu jika anda penasaran dengan rasa dari kue tradisional  ini, dan anda berada diluar daerah maka yang terbaik adalah mencoba membuatnya sendiri. Tidak perlu berpanjang lebar lagi bagi anda yang tertarik berikut adalah salah satu resepnya.

Resep Pisang Rai
6 buah pisang raja
Kelapa setengah tua untuk taburan, sesuai selera
3 lembar Daun pandan, simpulkan
Garam secukupnya

Bahan kulit tepung

50 gram tepung beras
125 gram Tepung terigu
225 ml  Air
Garam dan gula pasir, secukupnya

Cara Membuat 
  • Campurkan bahan kulitnya, dan aduk hingga kalis
  • Celupkan pisang kedalam adonan tepung diatas, kemudian rebuslah kedalam air mendidih bersama 2 daun pandan. Tunggu hingga mengapung baru diangkat
  • Disisi lain kukuslah kelapa parut dicampur sedikit garam dan 1 lembar daun pandan.
  • Jika sudah semuanya, gulingkan pisang yang sudah matang kedalam kelapa parut.
  • Sajikan dengan dipotong-potong, selain itu juga bisa disajikan dengan saus kinca apabila suka.

0 comments:

Post a Comment