Resep Memasak Tumis Brokoli Tahu Putih

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae, yang sangat digemari dan dimanfaatkan untuk dikonsumsi bunganya. Sayuran seperti ini memiliki warna hijau tua yang merona dimana bentuknya juga sangat unik dan memiliki nama binomial Brassica oleracea. Berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan brokoli konon kabarnya berasal dari daerah Laut Tengah, bahkan sudah dibudidayakan sejak jaman Yunani kuno, namun masuk di Indonesia masih belum lama karena baru tahun 1970 sayuran brokoli mulai ada di Indonesia.

Oleh masyarakat Indonesia brokoli dijadikan atau diolah menjadi beragam masakan yang rasanya lezat dengan cita rasa khas brokoli. Salah satu masakan tersebut adalah tumis brokoli yang mungkin ada diantara anda yang sudah pernah mencicipi masakan seperti ini, karena seperti kita ketahui semua jika masakan tumis merupakan masakan khas Indonesia yang resepnya didapat secara turun temurun. Selain itu masakan tumis sendiri juga beragam jenisnya yang dibedakan berdasarkan dari bahan yang digunakan dan salah satunya tentu saja adalah tumis brokoli seperti ini.  

Rasa dari tumis dari sayur brokoli juga sangat gurih dengan aroma khas brokoli, selain itu dalam membuatnya terkadang juga menggunakan variasi lain seperti ditambahkan wortel, tahu putih atau bahan-bahan lain sesuai dengan selera masing-masing yang akan memanjakan anda semua terutama penggemar masakan tumisan.

Masakan tumis ini cocok jika kita santab bersama dengan nasi hangat dan beberapa jenis lauk lain, namun selain itu juga tetap nikmat jika kita santab langsung tanpa nasi. Tidak perlu berpanjang lebar lagi bagi anda yang ingin membuat masakan tumis dari brokoli seperti ini, maka pada kesempatan kali ini kami juga akan sedikit berbagi akan resep dan cara memasak untuk masakan tersebut.

Resep Tumis Brokoli Tahu Putih
250 gram brokoli hijau(tanpa bonggol)
3 buah wortel, potong tipis memanjang
2 buah tahu putih potong persegi
1 gelas air
3 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu
4 bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
8 cabai merah, iris tipis memanjang
Garam secukupnya
1 lembar daun salam
1 potong lengkuas
30 gram gula merah
1/2 buah tomat, potong 2-3 bagian
Vitsin secukupnya(optional bila suka)

Cara memasak
  • Panaskan minyak kemudian masukan bawang merah, bawang putih dan tunggu hingga layu beraroma
  • Jika sudah masukan cabe merah dan tomat menyusul kemudian garam dan aduk hingga harum baunya
  • Masukan wortel hingga agak lunak, kemudian masukan brokoli dan aduk kembali
  • Tambahkan lengkuas, daun salam, gula merah, vitsin, dan air kemudian aduk hingga semuanya merata
  • Tutup kira-kira 5 menit, hingga bumbu teresap dan sayuran menjadi lunak dan matang

0 comments:

Post a Comment