Resep Memasak Ayam Bumbu Bali

Beberapa waktu yang lalu blog ini pernah membahas tentang sebuah masakan legendaris tanah air yang berasal dari Manado yaitu apa yang dinamakan dengan rica-rica ayam, maka untuk kesempatan kali ini juga masih seputar masakan tradisional yaitu apa yang disebut-sebut sebagai ayam bumbu Bali. Jika dilihat dari namanya tentu saja jika masakan seperti ini terbuat dari daging ayam, namun entah kenapa masakan ini dinamakan bumbu Bali, sayangnya saya sendiri juga tidak mengetahui secara pasti apakah masakan ini memang berasal dari Bali.

Masakan seperti ini sudah tersebar dinusantara dan menjadi salah satu masakan hasil olahan daging ayam yang difavoritkan masyarakat Indonesia karena rasanya yang begitu lezat. Selain itu jika dilihat sepintas masakan dari daging ayam seperti ini memang terlihat agak mirip dengan rica-rica ayam, karena keduanya sama-sama berupa daging ayam yang dilumuri oleh bumbu rempah yang nikmat. 

Jika dilihat dari rasanya keduanya juga ada kemiripan karena sama-sama pedas, namun menurut saya jika rica-rica ayam cenderung lebih manis sedangkan ayam bumbu bali terasa lebih gurih, dan keduanya sama-sama lezat dengan cita rasa masing-masing sebagai masakan legendaris nusantara.

Masakan ayam bumbu Bali akan terasa sangat lezat walaupun hanya disantab bersama dengan nasi putih hangat saja, namun selain itu juga nikmat jika disantab bersama dengan beberapa jenis masakan sayur sesuai dengan selera anda. Tidak perlu berpanjang lebar lagi bagi anda yang ingin membuat masakan seperti ini, berikut adalah salah satu resep yang bisa anda coba. 

Resep
500 gram daging ayam potong-potong sesuai selera kemudian digoreng
5 sendok makan kecap manis
2 gelas air

Bumbu
4 bawang merah
3 siung bawang putih
6 buah cabe merah
1 sendok kecil ketumbar
1 sendok kecil merica
10 butir kemiri gelondong
1 potong kunyit bakar
1 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk purut
1 potong lengkuas
1 batang serai
3 iris tomat
25 gram gula merah, disisir
Vitsin secukupnya(optional bila suka)

Cara Memasak
  • Bawang merah, bawang putih, cabe, ketumbar, merica, kemiri dan kunyit dihaluskan, kemudian tomat ditumbuk kasar
  • Tumislah bumbu halus diatas dengan sedikit minyak hingga harum, kemudian masukan daun salam, jeruk purut, lengkuas, dan serai 
  • Masukan daging ayam dan aduklah hingga merata dengan bumbu
  • Tuangkan air kemudian masukan gula merah dan vitsin aduk kembali
  • Tunggu hingga ayam empuk dan airnya berkurang, kemudian tambahkan kecap manis aduk sebentar

0 comments:

Post a Comment