Resep Memasak Rica-Rica Ayam Lezat

Di negeri kita yang tercinta ini menyimpan beragam masakan khas daerah yang jumlahnya sangat banyak dan hampir disetiap daerah memiliki kekhasan masing-masing. Salah satu masakan Indonesia yang populer ditengah masyarakat adalah apa yang disebut sebagai rica-rica ayam, yang tentu sudah banyak diantara anda yang pernah mencicipi kelezatanya. Berdasarkan dari sumber yang kami dapat, masakan seperti ini berasal dari Manado, Sulawesi Utara, dimana kata "rica" sendiri adalah merupakan bahasa Manado yang memiliki arti pedas. Karena seperti kita ketahui semua jika rasa dari masakan ini memang pedas dan gurih, yang terkadang juga ada sedikit rasa manisnya.

Masakan rica-rica sudah tersebar diberbagai daerah dinusantara, dan juga menjadi salah satu masakan yang umum dibuat untuk hidangan keluarga, namun selain itu terkadang juga menjadi hidangan acara tertentu seperti resepsi pernikahan dan lain-lain. Selain itu masakan seperti ini juga sangat nikmat rasanya apabila disantab bersama nasi hangat dengan beragam lalapan yang akan menambah kelezatannya, dan selalu siap untuk menggugah selera makan kita.

Jika dilihat dari bentuknya, masakan seperti ini berupa daging ayam yang dimasak bersama beraneka macam bumbu rempah, sehingga warnanya kecokelatan dan terlihat ranum. Tidak perlu berpanjang lebar lagi jika anda belum pernah membuat masakan seperti ini dan ingin mencobanya, pada artikel ini kami juga akan sedikit berbagi tentang resep dan cara membuatnya.
Resep Rica-Rica Ayam
1 KG daging ayam
1 Gelas santan dari 1/2 butir kelapa
3 sendok makan minyak goreng

Bumbu
5 bawang merah
4 siung bawang putih
10 cabe merah keriting
5 cabe merah rawit
1 sendok kecil merica
1 sendok kecil ketumbar
5 butir kemiri
1 potong kunyit, dibakar
1 potong jage, dikupas
1 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk purut
1 batang serai
1 potong lengkuas
Gula merah secukupnya
Vitsin secukupnya(bila suka)
Garam secukupnya

Cara Membuat
1. Gorenglah dagingnya setengah matang terlebih dahulu
2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe, merica, ketumbar, kemiri, kunir bakar, jahe, dan garam.
3. Jika sudah tumislah bumbu halus dengan minyak hingga harum dan matang
4. Masukan daging ayam dan aduk hingga bumbu benar-benar tercampur rata.
5. Jika sudah masukan daun salam, daun jeruk, serai, dan lengkuas kemudian aduk kembali.
6. Tuangkan santan sambil diaduk hingga matang

0 comments:

Post a Comment