Resep Membuat Kue Cokelat Kering Bumbu Spekuk

Beberapa waktu yang lalu blog ini pernah membahas cara membuat kue kering cokelat sederhana untuk menyambut lebaran, maka untuk artikel kali ini juga masih seputar kue kering rasa cokelat yang lain, dimana dalam perkembangannya diberikan tambahan bumbu spekuk sehingga akan menghasilkan sebuah cita rasa tersendiri.

Sebelumnya mari kita juga sedikit membahas tentang apa itu bumbu spekuk agar kita bisa mengetahuinya lebih jelas. Bumbu spekuk(spekkoek) adalah bumbu yang terbuat dari campuran bahan-bahan rempah seperti kayu manis, bunga pala, kapulaga dan cengkih sehingga aromanya sangat harum dan banyak bisa didapatkan ditoko-toko bahan kue dengan kemasan instan. Pada dasarnya bumbu spekuk digunakan dalam membuat cake, puding, lapis legit dan lain-lain termasuk kue kering cokelat seperti ini.

Sebenarnya kue cokelat kering dengan bumbu spekuk seperti ini sudah umum dibuat dan juga sering disajikan ketika lebaran tiba, sehingga mungkin anda semua pernah mencicipi nikmatnya kua kering seperti ini. Namun jika ada diantara anda yang belum pernah mencicipinya, bisa kita bayangkan sendiri rasanya yaitu perpaduan rasa cokelat manis yang dipadukan dengan bumbu spekuk dari rempah-rempah wangi yang tentu akan membuat aroma dan rasanya lebih nikmat.

Namun sayangnya kue kering seperti ini sifatnya juga hanya musiman dan lebih sering dibuat ketika hari-hari besar saja, sehingga dihari-hari biasa jarang ada orang yang menyajikannya maupun yang menjualnya. Oleh karena itu bagi anda semua yang ingin mencoba untuk membuatnya sendiri berikut adalah salah satu resep yang bisa anda coba.

Resep Kue Cokelat Kering Bumbu Spekuk
300 gram tepung terigu
200 gram gula halus
3 kuning telur
250 gram mentega
1 sendok makan bumbu spekuk
1 sendok makan susu krim
2 sendok makan bumbu cokelat
50 gram maezena

Cara Membuat
  • Campurkan bahan-bahan diatas kecuali tepung terigu dan maezena, kemudian kocok hingga tercampur merata
  • Masukan tepung terigu dan maezena kemudian aduk kembali hingga adonan bisa dibentuk
  • Bentuk atau cetaklah adonan sesuai selera, selain itu juga bisa dihias atasnya dengan bahan lain seperti chocochips atau yang lainnya sesuai selera anda
  • Taruhlah adonan yang sudah dicetak diatas loyang yang sebelumnya sudah diolesi mentega
  • Jika sudah semuanya tinggal dimasukan kedalam oven dengan suhu kira-kira 150 derajat Celcius selama kurang lebih 20 menit hingga matang

0 comments:

Post a Comment