Resep Kacang Sangrai Lapis Gula

Masih dalam suasana hari lebaran yang bisa kita pastikan jika setiap keluarga pasti menghidangkan aneka ragam kue, masakan, minuman hingga camilan kering yang sangat beragam jenisnya. Secara turun temurun ketika lebaran ada sebuah hidangan berupa camilan kering yaitu yang terbuat dari kacang tanah yang kemudian diolah menjadi beragam camilan. Salah satunya adalah kacang tanah yang dilapisi dengan gula yang mungkin anda sendiri juga tidak terlalu asing dengannya, karena sebenarnya camilan kacang seperti ini juga cukup umum dibuat ketika lebaran tiba.

Cara membuat camilan kacang seperti ini juga sederhana, yaitu kacang tanah yang disangrai terlebih dahulu hingga matang, kemudian dimasak dengan teknik membesta dimana gula pasir dicairkan terlebih dahulu kemudian kacang dimasukan hingga gula terserap dan mengering. Jika demikian tentu saja jika kacang akan terasa manis dengan perpaduan aroma dan cita rasa kacang yang begitu khas, sehingga tidak heran jika banyak orang yang suka dengannya baik anak-anak hingga orang dewasa.

Selain itu jika dilihat dari fisiknya, camilan kacang seperti ini juga terlihat sangat menarik karena lapisan gula yang menempel terlihat putih yang menyelimuti kacang, sehingga dengan melihatnya saja pasti akan membuat orang tertarik ingin mencoba mencicipinya. Namun sayangnya camilan yang terbuat dari kacang seperti ini cukup jarang ada yang menjualnya, dan jika ada hanya bersifat musiman saja yaitu ketika jelang lebaran. Oleh karena itu bagi anda semua yang ingin mencoba membuatnya sendiri, berikut adalah salah satu resepnya yang bisa anda coba sendiri dirumah.
Resep Kacang Sangrai Lapis Gula
500 gram kacang tanah terlepas
250 gram gula pasir
1/2 sendok kecil vanili
Garam secukupnya
5 sendok makan tepung terigu
2 gelas air

Cara Membuat
  • Goreng sangrai kacang tanah hingga kulit tipisnya terlepas dan matang
  • Di lain tempat rebuslah gula pasir, garam dan vanili bersama dengan air hingga mengental atau berambut sambil diaduk
  • Jika sudah masukan kacang sangrai kedalam larutan gula kemudian aduk hingga benar-benar tercampur
  • Taburkan tepung terigu sedikit demi sedikit kemudian aduk hingga kacang menjadi berubah warna keputihan
  • Jika sudah angkat dinginkan kemudian sajikan

0 comments:

Post a Comment