Resep Membuat Mie Rebus Jawa

Mie adalah sebuah makanan yang memiliki bentuk yang unik dan khas yaitu tipis-tipis panjang, yang akan memberikan sensasi tersendiri ketika menyantabnya dan bisa membuat perut kita kenyang layaknya nasi. Mie sendiri juga bisa diolah manjadi beragam masakan yang rasanya sangat nikmat, dan jika beberapa waktu yang lalu blog ini membahas tentang cara membuat mie goreng istimewa, maka untuk kali ini adalah masih saudaranya mie goreng yaitu mie rebus atau ada juga yang menyebutnya sebagai mie kuah dan orang Jawa menyebutnya sebagai mie godog.

Berbeda dengan mie goreng yang dimasak dengan cara digoreng maka tentu saja untuk yang satu ini dimasak dengan cara direbus, dan hal inilah yang menjadi perbedaan yang paling mendasar dari kedua jenis masakan tersebut. Jika dilihat dari rasanya mie kuah juga sangat gurih dan segar karena terdapat kuah yang hangat dalam masakan ini, sehingga juga cocok untuk kita sajikan ketika cuaca dingin.

Masakan dari mie yang satu ini juga mudah untuk bisa kita dapatkan dimana saja, karena banyak penjaja masakan ini yang tersebar diseluruh daerah nusantara, baik dari kelas kaki lima hingga restoran dengan harga yang bervariasi dan ciri khas masing-masing. Selain itu penjaja masakan yang lezat ini biasanya juga menjajakan masakan lain seperti mie goreng, cap cay, nasi goreng dan lain-lain.

Sebagai masakan yang sangat umum kita jumpai dimana saja, tentu sudah banyak yang bisa membuatnya, namun mungkin juga ada diantara anda yang belum pernah membuat dan ingin mencobanya. Oleh karena itu berkaitan dengan hal tersebut berikut adalah salah satu resep dan cara membuat mie rebus ayam bakso khas Jawa yang bisa anda coba.

Resep Mie Rebus Jawa
1 bungkus mie telur, direndam air panas kira-kira 5 menit
10 butir bakso, iris tipis-tipis
150 gram daging ayam, digoreng dan disuwir-suwir
1 sendok makan minyak goreng untuk menumis
Sayur Sawi sesuai selera, dipotong-potong
2 gelas air
Bawang merah goreng secukupnya, untuk taburan

Bumbu
4 bawang putih
1 sendok kecil merica
Garam secukupnya
3 sendok makan kecap manis
1 sendok makan minyak ikan

Cara Membuat
  • Haluskan bawang putih, merica dan garam kemudian tumis hingga harum
  • Masukan bakso dan ayam yang sudah disuwir-suwir, kemudian aduk agar bumbu merata
  • Tuangkan 2 gelas air, kemudian sawi, kecap manis, minyak ikan, vitsin, kemudian aduk dan tunggu hingga mendidih
  • Masukan mie kemudian aduk hingga mie matang dan empuk
  • Angkat dan sajikan dengan ditabur bawang merah goreng
  • Bisa juga disajikan dengan acar mentimun, dan cara membuatnya adalah 1 buah mentimun kupas dan hilangkan isinya kemudian potong persegi kecil-kecil. Jika sudah masukan kedalam mangkuk dan berilah 1 sendok makan gula pasir dan 1 sendok makan cuka

0 comments:

Post a Comment