Resep Membuat Mie Goreng Spesial

Selain nasi goreng ada salah satu jenis masakan lain yang juga sangat populer ditengah masyarakat yaitu apa yang disebut sebagai Mie Goreng. Sesuai dengan namanya tentu saja masakan ini adalah mie yang dimasak dengan cara digoreng dengan dibumbui aneka macam bumbu rempah sehingga rasanya akan sangat lezat. Pada umumnya para pedagang mie goreng juga menjajakan nasi goreng yang ada dihampir seluruh daerah di Nusantara baik kelas pedagang kaki lima hingga restoran.

Berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan di Wikipedia, Mie Goreng konon kabarnya dibawa ke Indonesia oleh para pendatang dari Cina, yang kemudian berkembang dan disesuaikan dengan kebudayaan Indonesia yang mayoritas Muslim sehingga menggunakan bahan tambahan berupa daging ayam, sapi atau udang. Selain itu mungin karena masyarakat Indonesia lebih suka dengan masakan yang rasanya manis sehingga dalam membuat Mie Goreng kebanyakan juga menggunakan bahan kecap manis sehingga rasanya gurih dan agak manis.

Selain mie goreng yang dimasak sendiri juga berkembang beragam mie goreng yang lebih instan dengan berbagai merk yang kita kenal, dan hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja dalam memasaknya. Hal ini menununjukan jika masyarakat Indonesia memang gemar sekali menyantab mie goreng, karena selain rasanya yang lezat juga bisa membuat perut kita terasa kenyang seperti layaknya jika kita memakan nasi.

Sebagai masyarakat Indonesia tentu banyak yang sudah bisa membuat mie goreng sendiri, namun jika ada yang belum pernah membuatnya dan ingin mencobannya, disore hari yang cerah ini kami akan sedikit berbagi mengenai resep dan cara membuat mie goreng spesial yang bisa dijadikan sarapan untuk keluarga atau mungkin untuk bekal anda ketika kekantor. 
Resep Mie Goreng Spesial
1 bungkus mie telur
1 butir telur ayam
5 potong kekian
10 butir bakso
Sayur sawi dan kol secukupnya
Mentega untuk menumis

Bumbu
4 siung bawang putih haluskan
5 butir bawang merah haluskan
3 sendok makan kecap manis
1 sendok kecil minyak wijen
1/2 sendok kecil merica bubuk
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya (optional bila suka)

Cara membuat

1. Rebuslah mie telor terlebih dahulu, kemudian telur dikocok, sawi dan kol diiris-iris, bakso dan kekian juga diris-iris agak tipis 
2. Tumislah dengan mentega bawah merah dan bawang putih halus hingga harum, kemudian masukan irisan sawi dan kol hingga menjadi layu.
3. Masukan mie telur yang sudah direbus, kemudian kocokan telur, irisan bakso dan kekian dan aduklah hingga merata.
4. Jika sudah tuangkan garam, merica bubuk, minyak wijen dan kecap manis kemudian aduk kembali dan masaklah hingga matang
5. Sekarang mie goreng anda sudah jadi, jika suka bisa disajikan dengan bawang goreng diatasnya beserta lalapan irisan mentimun dan tomat.

0 comments:

Post a Comment