Resep Membuat Kue Lelemuh Khas Pulau Dewata

Belum lama blog ini membahas sebuah kue tradisional khas Bali yang bernama kue sumping waluh, yaitu sebuah kue yang terbuat dari labu kuning, maka untuk artikel kali ini juga masih kue tradisional khas daerah tersebut namun yang bernama kue Lelemuh. Kue ini terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan cara dikukus, namun selain itu juga menggunakan bahan kombinasi lain seperti kelapa parut kemudian juga bahan pemanis yang berupa gula merah.

Kue ini memiliki bentuk yang pipih namun memiliki cita rasa yang sangat khas, oleh karena itu ketika kita berkunjung ke pulau Dewata, tentu jangan lewatkan untuk bisa mencicipi kue yang satu ini, karena kue ini akan sangat sulit untuk bisa kita temukan didaerah lain atau mungkin hanya ada di Bali saja.

Bagi anda semua yang penasaran dengan rasa dari kue Lelemuh ini, sedangkan anda sendiri belum bisa menyempatkan diri untuk berlibur ke pulau Dewata, dan selain itu kue ini juga sulit bisa ditemukan diluar pulau Bali. Maka jalan yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri dirumah, oleh karena itu dikesempatan ini, pada blog ini juga akan sedikit berbagi tentang resep dan cara membuat kue tersebut.

 
Resep Kue Lelemuh
250 gram tepung beras (baru digiling)
125 gram gr gula merah, kemudian cairkan dengan sedikit air
100 gram kelapa muda parut
1/2 gelas air
1 sendok makan air kapur sirih
Garam secukupnya
Daun pisang secukupnya

Cara Membuat
  • Pertama kepal-kepal tepung beras kemudian kukuslah hingga matang dan angkat
  • Jika sudah beri air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga lembek dan tambahkan air kapur sirih
  • Siapkan daun pisang, kemudian ambil adonan 1,5 sendok makan kemudian tutup dan pipihkan kira-kira hingga 2mm.
  • Kukuslah hingga matang adonan yang sudah disiapkan, kemudian angkat dan dinginkan
  • Bukalah daunnya kemudian potong-potong sesuai selera, dan sajikan dengan ditaburi kelapa muda parut dan gula merah cair.

0 comments:

Post a Comment