Resep Memasak Gulai Kambing Sedap

Sebagai masyarakat Indoensia siapasih yang belum pernah mencicipi lezatnya masakan yang bernama Gulai, saya yakin anda semua pernah merasakan kelezatannya karena masakan ini adalah salah satu masakan tradisional legendaris tanah air yang sudah biasa dibuat untuk hidangan keluarga. Masakan nusantara ini sebenarnya juga cukup beragam jenisnya yang dibedakan berdasarkan dari bahan untuk membuatnya, dan salah satunya yang paling populer di Indonesia adalah gulai yang terbuat dari daging kambing.

Gulai kambing memiliki cita rasa yang sangat khas dimana aroma dari bumbu dan juga daging kambing yang dipadukan, sehingga tercipta masakan yang sangat lezat seperti ini. Selain itu jika dilihat dari kuahnya yang berwarna kekuningan juga membuatnya terlihat begitu segar, yang akan membuat kita tergugah selera makannya walaupun hanya melihatnya saja.

Masakan seperti ini akan terasa sangat lezat walaupun hanya disantab bersama dengan nasi hangat saja, selain itu masakan seperti ini juga bisa didapatkan dari warung-warung tradisional bahkan mungkin juga kelas restoran maupun hotel berbintang, dengan variasi masakan khas masing-masing.

Berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan, konon kabarnya masakan tradisional ini berasal dari Sumatera yang merupakan hasil dari pengaruh dan penerapan seni memasak dari India. Namun sekarang masakan seperti ini sudah tersebar diberbagai daerah di tanah air, dan menjadi hidangan yang biasa disajikan untuk keluarga. Bagi anda yang ingin mencoba membuatnya, pada kesempatan kali ini kami juga akan sedikit berbagi tentang resep maupun cara memasaknya.
Resep Gulai Kambing
1/2KG Daging Kambing
1/2KG Jeroan Kambing
2 gelas santan kental dari 1 butir kelapa
2 liter air
Sedikit minyak goreng untuk menumis

Bumbu
4 bawang merah, haluskan
4 bawang putih, haluskan
1 sendok kecil ketumbar, haluskan
1 sendok kecil merica, haluskan
10 butir kemiri, haluskan
3 cm kencur, haluskan
3 cm kunci, haluskan
5 cm kunyit bakar, haluskan
3 cm jahe, haluskan
1/2 sendok kecil jinten, haluskan
1 lembar daun salam
1 potong lengkuas
3 lembar daun jeruk purut
1 batang serai
50 gram gula merah
Garam secukupnya
Vitsin secukupnya (optional bila suka)

Cara Memasak.
  • Cuci daging dan jeroan hingga bersih, kemudian rebuslah dengan 2 liter air hingga menjadi empuk
  • Dilain tempat bahan-bahan bumbu yang dihaluskan diatas tumislah dengan sedikit minyak hingga harum, kemudian masukan kedalam rebusan daging tersebut.
  • Jika sudah masukan gula merah, daun salam, lengkuas, daun jeruk purut dan serai kemudian tutup. 
  • Tunggu hingga mendidih, dan airnya agak berkurang
  • Jika sudah tuangkan 2 gelas santan, dan aduk hingga masak atau matang.

0 comments:

Post a Comment