Resep Kue Sumping Waluh Khas Bali

Jika sebelumnya blog ini pernah membahas sebuah kue tradisional khas Bali yang terbuat dari pisang dan disebut sebagai pisang rai, maka untuk artikel kali ini juga masih seputar kuliner khas bali yang lain, namun perbedaanya adalah untuk kue khas Bali kali ini terbuat dari labu kuning. Kue tradisional ini memiliki nama Kue Sumping Waluh, dan sesuai dengan namanya yaitu waluh jika kita artikan adalah labu kuning.

Kue ini dikemas dengan daun pisang sehingga terasa lebih alami, selain itu juga dimasak dengan cara dikukus yang juga akan mengingatkan kita dengan kue Nagasari. Selain waluh atau labu kuning, bahan untuk membuat kue Sumping Waluh ini adalah berupa tepung beras, kemudian kelapa parut dan juga gula pasir sebagai pemanisnya. Sehingga bisa kita bayangkan sendiri bagaimankah rasa dari kue tersebut, yang merupakan hasil olahan dari perpaduan beberapa bahan dasar diatas.

Bagi anda yang sedang berlibur ke pulau Dewata, tentu jangan sampai lupa untuk bisa mencicipi kue tradisional khas setempat tersebut, karena menurut saya kue ini jarang bisa ditemukan didaerah lainnya. Oleh karena itu bagi anda semua yang penasaran dengan kue tradisional Bali yang terbuat dari labu ini, namun anda sendiri belum memiliki waktu untuk berlibur ke Bali, tentu yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri, karena selain mudah dalam membuatnya bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah untuk bisa didapatkan dimana saja.

Oleh karena itu berkaitan dengan hal itu semua, pada kesempatan kali ini kami juga akan sedikit berbagi mengenai salah satu resep untuk membuatnya dan jika anda tertarik silahkan menyimak yang ada dibawah ini

Resep Kue Sumping Waluh
375 gram tepung beras
375 gram labu kuning
1/3 butir kelapa setengah tua, kemudian parut memanjang
200 gram gula pasir
1/2 gelas air panas
Garam secukupnya

Pembungkus
Daun pisang, dipotong-potong

Cara membuat
  • Buanglah kulit labu kemudian parutlah dengan parutan sawut.
  • Jika sudah berilah garam, dan biarkan kurang lebih seperempat jam, kemudian peras.
  • Campurkan tepung beras dengan air panas sambil diaduk-aduk, kemudian masukan kelapa parut, labu, gula pasir dan garam, aduk semuanya hingga benar-benar merata.
  • Jika sudah siapkan daun pisang, ambil adonan kue sesuai selera, kemudian masukan kedalam daun pisang tersebut dan bungkus.
  • Jika sudah semuanya tinggal dikukus hingga matang.

0 comments:

Post a Comment