Resep Membuat Bongko Kacang Tolo

Beberapa bulan yang lalu blog ini pernah membahas sebuah camilan tradisional yang terbuat dari kacang tunggak atau kacang tolo yaitu yang bernama lentho atau perkedel kacang tolo. Maka untuk artikel kali ini juga masih seputar makanan tradisional yang terbuat dari bahan yang sama yaitu apa yang disebut-sebut sebagai Bongko Kacang Tolo, yang mungkin bagi sebagaian dari anda terutama masyarakat Jawa pernah mencicipi kecikmatannya.

Persamaannya, keduanya juga menggunakan bahan kelapa untuk campurannya, sedangkan perbedaannya jika lentho dimasak dengan cara digoreng sedangkan bongko dimasak dengan cara dikukus dan dibungkus oleh daun pisang. Sebenarnya makanan seperti ini juga ada kemiripan dengan botok, karena keduanya juga dibungkus daun pisang, namun tentu saja jika bahan yang digunakan untuk membuatnya berbeda.

Bongko kacang tolo akan lebih nikmat apabila kita sajikan dengan pecel, namun selain dari pada itu juga cocok disajikan bersama dengan nasi dan beberapa jenis masakan sayur lainnya. Menariknya lagi makanan tradisional seperti ini hingga sekarang juga cukup mudah untuk bisa ditemukan dipasar-pasar tradisional di daerah Jawa dengan harga yang murah.

Untuk daerah lainnya kami tidak memiliki informasi yang akurat apakah makanan ini bisa ditemukan. Oleh karena itu bagi anda yang belum pernah mencicipinya dan penasaran dengannya, tidak ada salahnya jika mencoba untuk membuatnya sendiri, dan berkaitan dengan hal tersebut berikut adalah resep  bagi anda yang tertarik untuk membuatnya.
Resep
250 gram kacang tolo, direndam hingga lunak dan ditumbuk
1 butir kelapa muda, diparut
Daun pisang secukupnya untuk membungkus

Bumbu
3 bawang merah
4 siung bawang putih'
1 potong kencur
1 sendok kecil garam
2 sendok makan gula pasir
Vitsin secukupnya(optional bila suka)

Cara Membuat
  • Haluskan semua bahan bumbu diatas, kemudian campurkan dengan kelapa parut, dan tumbuk semuanya hingga benar-benar halus
  • Masukan kacang tolo yang sudah ditumbuk pada adonan diatas, kemudian aduk hingga merata
  • Tumbuk lagi semuanya supaya benar-benar halus dan tercampur, kemudian tuangkan sedikit air agar lembek
  • Ambil 2-3 sendok makan adonan kemudian bungkus kedalam daun pisang, ulangi semuanya hingga adonan habis
  • Jika sudah semuanya tinggal dikukus hingga matang. 

0 comments:

Post a Comment