Resep Perkedel Kacang Tolo aka Lentho

Kacang tunggak atau yang sering disebut juga sebagai kacang tolo dan memiliki nama binomial Vigna unguiculata adalah sejenis tanaman legum yang dimanfaatkan bijinya untuk dikonsumsi. Kacang tunggak atau tolo seperti ini sering diolah menjadi beragam masakan hingga camilan dan salah satunya adalah perkedel tolo yang ada juga orang Jawa yang menyebutnya sebagai Lentho. Perkedel seperti ini pada umumnya berbentuk lonjong seperti telur, namun ada juga yang berbentuk bundar agak pipih sesuai dengan selera pembuatnya.

Perkedel Tolo rasanya sangat gurih sehingga banyak disukai oleh semua orang, namun menurut kami walaupun rasanya gurih perkedel tolo lebih cocok dijadikan sebagai camilan saja dan kurang cocok untuk dimakan bersama dengan nasi sayur, walaupun terkadang ada juga yang disajikan bersama pecel. Selain itu dibeberapa daerah di Jawa camilan seperti ini juga cukup mudah untuk bisa kita dapatkan dipasar-pasar tradisional hingga para pedagang sayur keliling yang berjualan dikampung-kampung.

Perkedel Tolo atau lentho dimasak dengan cara digoreng, dan cara membuatnya juga cukup mudah yaitu terbuat dari kacang tunggak atau tolo dicampur dengan singkong parut yang dipadukan dengan bumbu-bumbu rempah yang akan selalu siap untuk menggoyang lidah anda. Jika dilihat dari bahannya tentu saja untuk membuatnya tidk terlalu sulit untuk bisa mendapatkan bahannya dipasar tradisional, selain itu harganyapun juga sudah pasti terjangkau.

Mungkin sebagian dari anda ada yang sudah pernah bahkan sering menyantab perkedel kacang tunggak aka lentho seperti ini, namun apabila ada diantara anda yang belum pernah mencicipinya dan penasaran dengannya, akan tetapi kesulitan untuk bisa menemukan camilan gorengan seperti ini, tentu yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri. Apabila anda tertarik berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.
Resep Perkedel Tolo/Kacang Tunggak
250gram singkong parut kemudian peras airnya
100gram kacang tolo, kemudian rendam hingga empuk
1/4 butir kelapa sedang,parut
3-4lembar daun jeruk diiris halus

Bumbu halus

4 siung bawang putih
1 cm kencur
1/2 sendok kecil ketumbar
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Campurkan kacang tolo yang telah direndam dengan singkong parut, kelapa parut dan irisan jeruk nipis.
2. Haluskan semua bahan bumbunya, kemudian campurkan dengan adonan diatas dan aduk hingga merata
3. Ambil sedikit adonan kemudian kepal-kepal dengan tangan hingga berbentuk lonjong. Jika sudah semuanya goreng hingga matang, kemudian angkat dan tiriskan
4. Tunggu hingga agak dingin atau hangat kemudian sajikan sebagai camilan, dan akan lebih nikmat lagi jika ditemani dengan segelas teh

0 comments:

Post a Comment