Resep Kering Kentang Manis Gurih Pedas

Beberapa waktu yang lalu blog ini pernah membahas sebuah camilan tradisional yang terbuat dari ubi jalar yaitu kering ubijalar, maka untuk artikel kali ini masih seputar makanan sejenis namun terbuat dari ubi yang lebih istimewa yaitu kentang(Solanum tuberosum). Sesuai dengan bahan untuk membuatnya jika makanan ini disebut sebagai kering kentang, yang kami yakin sudah banyak diantara anda yang pernah mencicipi kenikmatannya, karena makanan dari kentang seperti ini sering dibuat untuk berbagai keperluan.

Masakan seperti ini adalah berupa kentang yang diiris tipis-tipis kemudian dimasak bersama dengan adonan gula merah dan bumbu, sehingga tentu saja rasanya manis sedikit gurih dan pedas dengan cita rasa khas kentang. Masakan khas Indonesia seperti ini pada umumnya juga sering dibuat untuk disantab bersama dengan nasi kuning atau tumpeng ketika ada acara-acara syukuran dibeberapa daerah. Namun selain dari pada itu makanan seperti ini juga enak untuk dijadikan camilan, maupun dijadikan teman makan bersama nasi hangat atau bersama beberapa jenis masakan sayur lainnya.

Sebenarnya kering kentang juga merupakan makanan yang sering dibuat untuk dihidangkan dalam keluarga, sehingga tentu sudah banyak yang bisa membuat makanan seperti ini. Namun mungkin saja ada diantara anda ada yang belum pernah membuatnya, sehingga berikut adalah salah satu resep beserta cara membuatnya.
Resep Kering Kentang
500 gram kentang
250 gram gula merah, disisir
2 gelas air
3 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bumbu
4 bawang merah
4 bawang putih
12 cabe merah
1 potong lengkuas
Garam secukupnya
Vitsin secukupnya(bila suka optional)

Cara membuat
  • Kupas kentang dan iris tipis-tipis kemudian rendam dengan air garam kurang lebih 5 menit dan tiriskan
  • Gorenglah kentang yang sudah diiris tipis hingga kuning dan kering, namun jangan terlalu cokelat
  • Bawang merah, bawang putih, cabe diiris tipis-tipis kemudian tumislah dengan minyak hingga harum dan agak kering
  • Masukan air, lengkuas, garam, dan daun salam aduk sebentar
  • Masukan gula merah sisir dan vitsin, tunggu hingga gula meleleh dan larut
  • Masukan kentang yang sudah digoreng, kecilkan apinya dan aduk perlahan-lahan hingga semua tercampur rata dan matang.

0 comments:

Post a Comment