Resep Membuat Bakwan Sayur Tabur Udang

Masyarakat Indoensia siapasih yang tidak mengenal camilan gorengan yaitu yang bernama bakwan, camilan yang terbuat dari tepung terigu ini memang sedap rasanya dan harganya juga murah meriah. Camilan ini sendiri juga cukup beragam macamnya berdasarkan dari bahan campuran untuk membuatnya, dan jika sebelumnya blog ini sudah pernah membahas tentang makanan serupa yang dibuat dengan campuran jagung manis muda atau lebih sering disebut sebagai bakwan jagung, maka untuk artikel ini  yang terbuat dari sayur dan udang sehingga disebut sebagai bakwan sayur udang.

Jika dilihat dari namanya, seakan-akan makanan seperti ini bukanlah asli Indonesia, dan kabarnya makanan ini memang berasal dari negeri Tiongkok yang kemudian tersebar dibeberapa daerah termasuk Indonesia. Namun untuk aslinya konon kabarnya jika gorengan ini terbuat dari daging, sedangkan untuk yang ada di Indonesia kebanyakan dari sayuran. Hal ini mungkin juga dipengaruhi jika masyarakat Indonesia secara turun-temurun memang sangat suka menyantab sayuran, sehingga tercipta beragam makanan dari sayuran tersebut.

Untuk bakwan sayur tabur udang ini juga cukup mudah bisa ditemukan dipasar-pasar tradisional hingga warung-warung makan, dan selain nikmat untuk dijadikan camilan terkadang juga bisa dijadikan sebagai teman untuk makan nasi dengan beragam jenis sayur. Selain itu jika dilihat dari bentuknya pada umumnya adalah bundar dan pada bagian yang rata atau ada juga yang mencekung terdapat udang yang membuat rasanya akan lebih nikmat.

Camilan tradisional seperti ini memang lebih nikmat jika kita nikmati ketika masih hangat, terlebih lagi ketika hujan dengan sebutir cabe rawit hijau. Selain itu pada bulan puasa seperti sekarang ini, juga cocok sebagai salah satu pilihan camilan berbuka puasa bersama keluarga. Tidak perlu berpanjang lebar lagi bagi anda yang ingin mencoba membuatnya, berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.

Resep
500 gram tepung terigu
1 telur ayam
100 gram wortel, iris seperti korek api
100 gram kecambah
150 gram udang rawa
5 batang seledri, iris halus

Bumbu
3 siung bawang putih
1 sendok kecil merica
garam secukupnya

Cara Membuat
  • Haluskan bahan bumbu kemudian campurkan dengan semua bahan lainnya kecuali udang.
  • Tuangkan air matang sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga mengental(jangan terlalu cair)
  • Jika sudah masukan telur ayam kemudian aduk kembali
  • Panaskan minyak goreng
  • Siapkan cetakan bisa berupa sendok sayur logam
  • Jika minyak sudah panas, olesi sendok sayur dengan sedikit minyak panas tersebut hingga merata.
  • Jika sudah tuangkan adonan kedalam sendok sayur tersebut.
  • Berilah udang sesuai selera dipermukaannya
  • Celupkan sendok sayur berisi adonan kedalam minyak panas pada wajan.
  • Tunggu hingga setengah matang, kemudian lepaskan dari cetakan sendok sayur tersebut.
  • Jika sudah lepas gorenglah hingga matang.

0 comments:

Post a Comment