Resep Membuat Bakwan Jagung

Ada beragam jenis camilan gorengan yang kita kenal dinegeri tercinta kita ini dan salah satunya adalah apa yang dinamakan sebagai bakwan jagung. Camilan gorengan ini memang terbilang legendaris karena dari masa ke masa akan selalu ada penggemarnya, dan seakan-akan juga tidak akan pernah mati karena nikmatnya jenis makanan ini.

Bakwan jagung bagi sebagaian orang dibeberapa daerah juga lebih dikenal sebagai perkedel jagung yang pada dasarnya adalah sama, yaitu sebuah makanan yang dimasak dengan cara digoreng dan terbuat dari bahan dasar yaitu jagung, terigu, dan telur ayam. Dalam perkembangannya bakwan jagung juga bisa ditambahkan beberapa jenis bahan lain seperti wortel, udang dan lain-lain yang akan membuatnya terasa lebih mantab dan nikmat sehingga akan membuat banyak orang tergila-gila dengannya.

Camilan gorengan ini akan sangat nikmat ketika dimakan langsung, apalagi jika masih hangat sehingga lebih cocok disantab bersama ketika cuaca agak dingin atau hujan, walaupun untuk cuaca panas bakwan jagung juga akan tetap lezat untuk disajikan. Selain dimakan langsung gorengan ini juga cocok sebagai teman ketika kita makan nasi dengan beberapa jenis masakan sayur tertentu, bahkan ditempat kami tinggal para penjual pecel dan tahu campur beberapa diantara dari mereka ada yang menambahkan bakwan jagung yang diiris kotak-kotak yang akan menambah kenikmatan pada masakan yang mereka jajakan.

Jenis jagung yang paling cocok untuk membuat gorengan ini adalah jagung manis yang masih agak muda, sehingga rasanya akan manis dan lebih empuk. Karena seperti kita ketahui apabila kita salah memilih jagung atau jagung sudah terlalu tua maka akan kurang enak dan keras ketika dikunyah didalam mulut. Bakwan jagung sampai sekarang masih banyak para pedagang kaki lima yang menjajakannya dijalan-jalan, selain itu bisa dibilang untuk semua ibu-ibu rumah tangga juga dengan mudah bisa membuatnya. Namun jika ada diantara anda yang belum tahu resep dan cara membuat bakwan jagung dan ingin mencobanya silahkan baca sedikit uraian yang ada dibawah ini.
Resep Bakwan Jagung
5 buah jagung manis yang kemudian disisir dan ditumbuk
1 buah wortel yang dipotong dadu kecil-kecil
1 butir telur ayam
100 gram tepung terigu
1 batang daun bawang diiris kecil-kecil
50 gram udang kecil(optional apabila suka)

Bumbu halus
3 bawang merah
3 bawang putih
1/4 sendok kecil merica
Garam dan penyedap rasa secukupnya sesuai selera

Cara membuat
1. Haluskan bumbunya kemudian campurkan semua bahannya dicampur sedikit air kemudian aduklah hingga benar-benar merata.
2. Siapkan wajan panaskan minyak, ambil adonan 2 sendok untuk setiap bakwan kemudian goreng dan pipihkan hingga matang agak kuning kecokelatan
3. Angkat tiriskan dan sajikan

0 comments:

Post a Comment