Resep Pisang Epe Khas Kota Anging Mammiri

Jika anda sedang berkunjung kekota Anging Mammiri atau kota Makassar ibu kota Sulawesi Selatan, maka anda harus mencoba kuliner khas daerah setempat yang satu ini yaitu apa yang disebut sebagai Pisang Epe. Makanan khas ini sangat terkenal di Makassar dan kabarnya mudah untuk bisa ditemukan dipantai Losari maupun kawasan-kawasan lainnya, yang juga sangat digemari oleh wisatawan yang sedang berkunjung di Makassar.

Sesuai dengan namanya tentu saja jika kuliner ini terbuat dari pisang terutama pisang kepok atau mungkin juga bisa pisang raja, yang dimasak dengan cara dibakar dan disajikan dengan saus kinca gula merah. Selain itu kata "epe" sendiri merupakan bahasa daerah yang memiliki arti dijepit, karena dalam membuatnya setelah pisang dibakar, kemudian pisang kepok tersebut dijepit atau dipres dengan penjepit kayu sehingga menjadi agak gepeng.

Jika dilihat dari rasanya bisa anda bayangkan sendiri rasanya, yaitu berupa pisang kepok atau raja yang dibakar kemudian disiram saus gula merah sehingga tentu saja rasanya akan sangat dominan rasa manis, dengan aroma yang harum yang akan selalu siap menggoyang lidah anda semua.

Sayangnya kuliner khas ini hanya banyak ditemukan di Makassar, sedangkan untuk daerah lainnya mungkin masih jarang. Oleh karena itu bagi anda semua yang penasaran dengan rasa dari pisang epe ini dan belum memiliki waktu atau kesempatan untuk berlibur ke kota Anging Mammiri, maka yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri dirumah, karena sesungguhnya juga tidaklah sulit dan bahan yang dibutuhkan juga mudah didapat. Berkaitan dengan hal itu semua berikut adalah salah satu resep dalam membuat Pisang Epe khas kota Anging Mammiri atau kota Makassar tersebut.
Bahan yang dibutuhkan
1/2 sisir pisang kepok atau pisang raja, jangan pilih yang terlalu lembek

Bahan saus gula merah:
150 gram gula merah, disisir tipis
75 ml air
1 helai daun pandan, simpulkan
Garam secukupnya

Bahan Taburan
Keju parut, atau meises, atau kacang tanah cincang sesuai selera

Cara Membuat
1. Bakarlah pisang hingga matang, namun jangan terlalu hangus kemudian jepitlah dengan penjepit kayu hingga gepeng.
2. Buatlah saus kincanya, yaitu rebuslah gula merah, air daun pandan hingga mendidih dan mengental.
3. Letakan beberapa pisang bakar diatas piring, kemudian siramlah dengan saus kinca yang telah dibuat. Bila suka juga bisa ditabur dengan keju parut(optional).

0 comments:

Post a Comment