Resep Memasak Sambal Goreng Telur Ceplok

Masyarakat Indonesia mengenal beraneka macam masakan sambal goreng yang dibedakan dari bahan dasar untuk membuatnya, dan jika sebelumnya blog ini pernah membahas masakan sambal goreng hati sapi, maka untuk artikel kali ini adalah juga masih seputar masakan serupa namun yang terbuat dari telur ayam.

Masakan ini adalah sambal goreng telur ceplok, dimana telur ayam ketika dimasak dalam bumbu rempah dengan cara diceplok, sehingga rasanya sangat khas.dan memiliki kuah sehingga lebih segar ketika disantab. Masakan seperti ini memiliki rasa yang gurih, sedikit pedas dan manis dengan cita rasa telur ayam, sehingga disukai oleh masyarakat dari segala kalangan, dan menjadi salah satu masakan yang sering disajikan untuk hidangan keluarga.
Terkadang masakan ini juga mudah dijumpai diwarung-warung tradisional atau warteg yang juga menyajikan beragam jenis masakan lainnya, dengan harga yang juga terjangkau. Selain itu sambal goreng telur ceplok juga sudah terasa nikmat walaupun hanya disajikan bersama dengan nasi putih hangat saja, terlebih lagi jika juga disajikan dengan diberi masakan sayur lainnya, pasti akan membuat kita lebih meningkat nafsu makannya.

Walaupun masakan seperti ini memang sudah umum dibuat dikehidupan rumah-tangga, sehingga sudah banyak yang bisa membuatnya. Namun mungkin ada diantara anda yang belum pernah membuatnya dan ingin mencobanya. Oleh karena itu berkaitan dengan hal tersebut, pada artikel ini kami juga akan sedikit berbagi tentang salah satu resep dan cara membuat untuk masakan tersebut.

Resep
6 Butir telur ayam
2 gelas santan dari 1/2 butir kelapa
2 sendok makan minyak goreng
2 gelas air

Bumbu

4 bawang merah, diiris tipis-tipis
3 siung bawang putih, diiris tipis-tipis
10 cabe merah besar, diiris-iris
1 buah tomat ukuran kecil, diiris-iris
1 sendok kecil gula pasir
1 lembar daun salam
1 potong lengkuas
Vitsin secukupnya
Garam secukupnya

Cara Membuat 
  • Tumislah bahan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah dan tomat dengan sedikit minyak, hingga setengah matang.
  • Jika sudah masukan air, garam, gula pasir, lengkuas, daun salam kemudian aduk hingga merata.
  • Tunggulah hingga mendidih
  • Ceploklah telur kedalam larutan bumbu yang mendidih tersebut, satu per satu hingga matang.
  • Jika sudah semua tuangkan santan, dan tunggu hingga mendidih kembali dan matang.
  • Siap disajikan.

0 comments:

Post a Comment