Resep Kue Tradisional Benjak-enjak Khas Lampung

Lampung adalah salah satu provinsi di Indonesia yang letaknya paling selatan di Pulau Sumatera, yang beribukota Bandar Lampung dan berbatasan dengan Sumatera Selatan dan Bengkulu dari arah Utara. Seperti daerah-daerah lainnya di Indoensia tentu saja daerah ini juga menyimpan banyak kuliner khas daerah setempat yang menarik untuk dibahas dan salah satunya adalah sebuah kue tradisional yang memiliki nama kue Benjak-enjak.

Kue ini adalah sebuah kue tradisional yang terbuat dari beras ketan dan pisang raja, yang kemudian dicampur dengan gula merah dan dikemas dengan daun pisang. Bisa kita bayangkan sendiri rasa dari kue ini yaitu manis khas pisang raja dan gula merah dan juga agak rasa kenyal lengket yang dihasilkan oleh beras ketan, tentu akan membuat kue ini akan sangat nikmat rasanya.

Jika dilihat dari bentuknya kue Benjak-enjak, memiliki bentuk memanjang seperti lontong dan ketika dibuka bungkusnya maka kue ini berwarna kecokelatan karena menggunakan bahan pemanis gula merah, selain itu tekstur beras ketan masih terlihat jelas didalammnya. Jika demikian, kue ini juga sedikit mengingatkan kita pada kue wajik yang juga sama-sama terbuat dari beras ketan dan warnanya juga serupa. Namun perbedaanya jika kue wajik tidak menggunakan campuran buah pisang dan selain itu juga tidak dibungkus dengan daun pisang.

Ketika anda semua berkunjung di daerah tersebut, tentu saja jangan lupa untuk mencicipi kue tradisional seperti ini, karena kue ini kemungkinan akan sulit untuk bisa kita temukan diluar daerah. Oleh karena itu bagi anda yang belum memiliki waktu untuk berlibur ke Lampung, namun penasaran dengan rasa dari kue ini, tentu yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri. Berkaitan dengan hal tersebut berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.

Resep Benjak-enjak
150 gram beras ketan
175 gram pisang raja yang sudah matang, dihaluskan
75 gram gula merah, disisir
Sedikit garam
Daun pisang secukupnya untuk membungkus



Cara Membuat
  • Cucilah bersih beras ketan, kemudian rendam kira-kira setengah jam
  • Jika sudah kukus beras ketan tersebut setengah matang
  • Campurkan beras ketan, dengan pisang, gula merah, dan sedikit garam, remas-remas dan aduk hingga semuanya merata
  • Siapkan daun pisang, kemudian ambil sedikit adonan dan masukan kedalam daun pisang tersebut, bungkus seperti lontong
  • Kukuslah kira-kira setengah jam hingga matang.

0 comments:

Post a Comment