Resep Sambal Goreng Hati Sapi

Salah satu jenis masakan Indonesia yang sangat disukai adalah apa yang dinamakan dengan masakan sambal goreng, dan masakan tersebut sendiri sebenarnya juga cukup beragam jenisnya berdasarkan dari bahan untuk membuatnya. Salah satunya adalah yang paling umum kita kenal yaitu yang terbuat dari hati sapi atau beberapa orang ada juga yang menyebutnya sebagai sambal goreng ati. Ketika membuat masakan seperti ini, bahan utama dipotong kotak kecil-kecil, namun selain itu pada umumnya juga dicampur dengan kerecek supaya lebih sedap.

Dibeberapa daerah terutama di Jawa masakan seperti ini sering dibuat ketika ada acara-acara khusus, karena juga sering disajikan bersama dengan nasi kuning yang sifatnya agak musiman. Selain itu berdasarkan pengalaman pribadi selama bertahun-tahun ketika berkunjung dibeberapa keluarga, masakan pedas ini juga sering disajikan bersama kupat opor ketika lebaran tiba dan sudah menjadi tradisi tersendiri dibeberapa daerah di Indonesia.

Masakan ini memiliki rasa yang gurih, pedas dan agak manis, sehingga akan selalu siap untuk menggoyang lidah kita yang memakannya. Selain itu jika dilihat dari penampilannya, masakan ini berwarna merah kehitaman yang merona, karena dalam membuatnya menggunakan bahan cabe merah yang cukup banyak bersama dengan hati sapi sendiri ketika dimasak akan berubah warna menjadi kehitaman.

Sebagai salah satu masakan tradisi yang ada di tanah air, tentu sudah banyak diantara anda yang bisa membuat masakan seperti ini.  Namun mungkin ada diantara anda yang belum pernah membuatnya dan ingin mencobanya, terlebih lagi bisa dibilang masakan seperti ini sifatnya juga musiman dibeberapa daerah sehingga membuat kita rindu ingin menyantabnya. Oleh karena itu yang terbaik tentu mencoba untuk membuatnya sendiri dan berkaitan dengan hal tersebut berikut adalah salah satu resep dan cara membuat masakan sambal goreng hati sapi tersebut.
Resep
500 gram hati sapi, dipotong kotak kecil-kecil kemudian goreng setengah matang
100 gram kerecek, dipotong-potong
1 gelas air santan

Bumbu
100 gram bawang merah
50 gram bawang putih
200 gram cabe merah besar
25 gram gula merah, disisir
1 jempol Lengkuas
2 lembar daun Salam
Vitsin atau penyedap rasa secukupnya(optinal bila suka)

Cara membuat
1. Bawang putih, bawang merah dan cabe, diiris tipis-tipis kemudian tumislah dengan 2 sendok makan minyak goreng hingga harum.
2. Jika sudah masukan hati sapi yang sudah disiapkan bersama kerecek, kemudian aduk hingga merata.
3. Tuangkan sedikit air, kemudian tutup penggorengan hingga hati dan kerecek lunak
4. Buka tutupnya kemudian tuangkan santan, lengkuas, daun salam dan gula merah.
5. Tunggu hingga mendidih dan airnya agak menyusut

0 comments:

Post a Comment