Resep Memasak Tumis Genjer Nikmat

Genjer(Limnocharis flava) atau yang juga dikenal sebagai paku rawan, adalah sejenis sayuran yang cukup disukai oleh masyarakat Indoensia terutama kelas menengah kebawah karena memiliki harga yang murah. Tanaman ini sering tumbuh diperairan dangkal seperti pinggir rawa atau sawah, bahkan terkadang tanaman seperti ini juga bisa dianggap sebagai gulma sawah apabila diabaikan. Namun walaupun demikian, sayuran seperti ini juga nikmat apabila diolah menjadi salah satu masakan yaitu yang bernama oseng-oseng atau tumis genjer, yang mungkin sebagian dari anda pernah mencicipinya.

Masakan seperti ini sebenarnya sudah cukup umum dibuat untuk hidangan dalam kehidupan rumah tangga, selain itu terkadang juga bisa kita dapatkan diwarteg atau warung-warung tradisional dibeberapa daerah. Sebenarnya rasa dari sayuran jenis ini sendiri cukup pahit walaupun tidak sepahit daun pepaya, namun setalah diolah atau dimasak maka akan hilang rasa pahitnya dan berubah menjadi gurih dan nikmat.

Dalam memasak atau membuat tumis genjer pada umumnya juga diberi bahan tambahan berupa udang rawa, atau juga bisa ikan teri yang akan membuat rasanya akan lebih mantab, dan selalu siap memanjakan bagi anda semua penggemar masakan tumisan atau oseng-oseng. Selain itu masakan seperti ini juga sangat pas jika disajikan bersama dengan nasi, bersama dengan lauk lain seperti telur asin atau juga bisa telur ceplok, tahu dan tempe goreng dan lain-lain sesuai dengan selera anda.

Sebagai masakan tradisional tentu saja jika oseng-oseng seperti ini adalah salah satu masakan yang murah dan terjangkau namun tetap memiliki kelezatan dan cita-rasa tersendiri. Oleh karena itu bagi anda yang ingin mencoba membuat masakan seperti ini, berikut adalah salah satu resep yang bisa anda coba beserta dengan cara memasaknya.

Resep
1 ikat sayur genjer
150 gram udang rawa
3 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bumbu
5 siung bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
5 cabe merah besar, iris tipis
5 cabe hijau besar, iris tipis
1 potong gula merah, disisir
1 potong kecil tempe busuk, diiris-iris
Vitsin secukupnya(optional bila suka)
Garam secukupnya
1 lembar daun salam
1 jempol lengkuas

Cara Memasak
  • Potong-potong genjer sesuai selera kemudian siram air panas agar lunak dan berkurang rasa pahitnya.
  • Tumislah bawang merah, bawang putih, cabe merah dan hijau, bersama tempe busuk hingga harum.
  • Jika sudah masukan garam, vitsin, udang, daun salam dan lengkuas, kemudian tunggu hingga bumbu masak
  • Masukan genjer, aduk hingga merata dan menjadi lunak, kemudian tutup dan tunggu kurang lebih 5 menit hingga matang.

0 comments:

Post a Comment