Resep Kue Kering Lidah Kucing Keju

Ada sebuah kue kering yang legendaris dan memiliki nama yang sangat unik yang dikenal oleh masyarakat Indonesia. Kue ini adalah apa yang sering disebut-sebut sebagai lidah kucing, yang tentunya anda tidak asing dengannya dan pernah mencicipinya. Entah mengapa kue ini disebut sebagai demikian, padahal tentu saja jika kue ini tidak terbuat dari lidah kucing betulan, namun mungkin camilan tersebut dinamakan demikian karena memang bentuknya yang memanjang dan pipih.

Sebenarnya beberapa waktu yang lalu blog ini pernah membahas kue seperti ini, namun untuk artikel ini adalah juga sama-sama kue kering sejenis namun dengan variasi keju sehingga disebut sebagai kue lidah kucing keju. Jika dilihat dari bentuknya sebenarnya hampir sama dengan yang biasanya yaitu pipih memanjang, namun untuk yang terbuat dari keju terlihat seperti ada serat-serat keju didalamnya sedangkan yang biasa lebih rata.

Jika dilihat dari rasanya, untuk yang biasa memiliki rasa manis saja sedangkan untuk yang satu ini memiliki rasa yang manis dengan cita rasa dan aroma keju, sehingga akan membuat anak-anak juga sangat suka dengannnya. Selain itu kue yang satu ini juga lebih sering muncul ketika lebaran tiba, yang akan selalu siap menghiasi meja-meja ruang tamu anda untuk hidangan camilan ringan.

Jika anda ingin menyambut lebaran jangan lewatkan untuk juga menyajikan kue yang rasanya nikmat ini. Oleh karena itu bagi anda yang ingin membuat kue kering seperti ini, berikut adalah salah satu resep beserta dengan cara membuatnya.
Resep 
300 gram tepung terigu, diayak
275 gram keju cheddar, diparut (kira-kira 200 gram untuk campuran dan 75 gram untuk taburan)
300 gram margarin
80 gram mentega
125 gram putih telur
100 gram gula halus

Cara membuat
  • Campurkan mentega, margarin, dan gula halus kemudian mixer hingga tercampur kira-kira 2-3 menit
  • Tuangkan putih telurnya kemudian kocok kembali dengan mixer hingga semuanya tercampur rata
  • Jika sudah semuanya tinggal masukan tepung terigu dan keju parut, aduk kembali hingga benar-benar merata
  • Masukan adonan kedalam plastik segitiga kemudian semprotkan diatas loyang datar atau juga bisa menggunakan cetakan khusus. Jangan lupa sebelumnya diolesi mentega loyangnya
  • Beri taburan keju parut diatasnya secukupnya 
  • Jika sudah semuanya tinggal memanggang kedalam oven hingga matang

0 comments:

Post a Comment