Resep Tahu Gejrot Kuliner Khas Cirebon

Cirebon adalah salah satu kota yang ada diprovinsi Jawa barat, dimana kota ini terletak di pesisir utara Jawa atau jalur pantura yang menghubungkan kota Jakarta-Cirebon-Semarang-Surabaya. Kota ini juga menyimpan banyak kuliner khas daerah setempat yang menarik untuk kita bahas dan salah satunya yang cukup ternama adalah apa yang dinamakan dengan Tahu Gejrot. Mungkin bagi anda yang diluar daerah atau jauh dari kota Cirebon masih agak asing dengan kuliner khas Cirebon ini, oleh karena itu jika anda sedang berlibur ke kota tersebut jangan lupa untuk mencobanya.

Kuliner ini sendiri adalah sebuah makanan yang berupa tahu goreng kemudian diberi kuah gula merah, kecap dan dan bumbu-bumbu rempah lainnya termasuk cabai, sehingga bagi anda yang belum pernah mencicipinya bisa anda bayangkan sendiri bagaimana rasanya. .

Namun sayangnya Tahu Gejrot sulit untuk bisa kita temukan diluar kota Cirebon. Oleh karena itu bagi anda yang ingin mencicipi dan penasaran dengan rasa dari Tahu Gejrot namun ditempat anda tinggal tidak ada yang menjualnya, tentu yang paling baik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri dirumah. Berkaitan dengan hal tersebut berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.

Resep 
12 tahu pong asin digoreng, belah jadi dua tiap tahunya
20 gram gula merah
40 ml kecap manis
3 sendok makan air asam
200 ml air

Bumbu
3 siung bawang putih
3 siung bawang merah
3 cabai rawit hijau
2 cabai keriting hijau

Cara membuat
  • Campurkan beberapa bahan seperti gule merah, kecap, air dan air asam, kemudian rebus hingga mendidih sambil diaduk. Jika sudah dinginkan
  • Siapkan cobek kemudian haluskan bawang putih dan cabe rawit, sedangkan bawang merah dan cabai keriting ditumbuk kasar.
  • Campurkan bumbu dengan adonan kecap yang sudah masak, kemudian aduk semuanya hingga merata
  • Siapkan tahu pong goreng diatas piring, kemudian siramlah dengan kuah gula kecap diatas yang sudah dibuat.
Sekarang hidangan khas Cirebon yang anda buat sudah siap untuk dinikmati, selain itu sebagai kuliner yang hanya banyak ditemukan di Cirebon saja, mungkin makanan dai tahu seperti ini juga bisa menjadi salah satu ladang usaha bagi anda yang tinggal ditempat yang belum ada yang menjajakan kuliner seperti ini. Karena seperti kita ketahui jika tahu sendiri juga merupakan makanan yang sangat difavoritkan oleh masyarakat Indonesia, karena disamping rasanya yang enak namun juga murah harganya.

0 comments:

Post a Comment